OUR NETWORK

Wajah Segar Estadi Ciutat de Valencia Setelah Direnovasi

Ada sejumlah cara bagi klub untuk meningkatkan pendapatan mereka. Salah satunya dengan merenovasi atau membangun stadion baru dengan menambah kapasitas kursi. Namun, yang dilakukan Levante berbeda. Kesebelasan yang berbasis di Valencia tersebut, merenovasi stadion mereka dengan tujuan meningkatkan kenyamanan para penggemar.

Setelah delapan bulan, Levante akhirnya kembali ke Estadi Ciutat de Valencia. Stadion tersebut baru saja direnovasi. Yang paling terlihat adalah pemasangan atap melingkar, yang melindungi seluruh tribun berkapasitas 26 ribu kursi tersebut. Laga pertama yang dipertandingkan setelah direnovasi adalah antara Levante menghadapi Alaves yang berakhir seri 1-1.

Berlokasi di Orriols, Valencia, Estadi Ciutat de Valencia diresmikan pada 9 September 1969. 51 tahun kemudian, Levante berkembang menjadi kesebelasan yang disegani, bahkan bisa mencapai kompetisi Eropa. Untuk itu, diperlukan pembenahan agar Ciutat de Valencia punya standar siaran sepakbola Eropa.

Renovasi Ciutat de Valencia terbilang rumit. Pasalnya, ia harus menggunakan desain yang canggih. Atap dirancang dengan teknologi terkini agar seringan mungkin. Atap baru juga harus menutupi arena tribun agar penonton tidak kehujanan atau kepanasan. Selain itu, pemasangan juga dipikirkan secara matang karena ruang yang tersedia amatlah terbatas. Maklum, Ciutat de Valencia berdiri di pusat kota.

Terdapat dua fase dalam renovasi Ciutat de Valencia yang sudah dimulai sejak musim panas 2019. Fase pertama terdiri dari pembangunan atap di sekitar lapangan, dan pemasangan lampur baru, yang bisa digunakan untuk siaran dengan resolusi 4K.

Dipasang pula dua papan skor baru yang ukurannya relatif besar: 21×7 meter. Selain papan skor, sistem audio dan sistem keamanan baru juga dipasang di Ciutat de Valencia.

Sementara itu, fase dua adalah pembenahan bagian interior stadion, utamanya dalam hal meningkatkan dan memodernkan bagian dalam stadion. Dibangun pula zona VIP yang baru dan sejumlah ruang komersil.

Renovasi ini membuat klub bisa memodernisasi fasilitas Ciutat de Valencia yang akan memenuhi standar kualitas UEFA dan FIFA, sehingga bisa digunakan untuk pertandingan Eropa.

“Selain memodernisasi citra stadion dan memberikan kenyamanan yang lebih besar kepada para penggemar, ini juga akan membantu stadion memenuhi aturan siaran televisi dengan meningkatkan pencahayaan kami dan dengan memungkinkan pemasangan kamera udara,” jelas Direktur Komunikasi Levante, Alberto Gil.

Ketika para penggemar dapat kembali ke stadion, mereka yang berkunjung ke Estadi Ciutat de València akan dapat menikmati pengalaman unik dan suasana yang sama sekali berbeda dari yang ada sebelumnya.

Pengenalan teknologi baru akan membuat perbedaan langsung kentara. “Akan ada konektivitas seluler yang lebih baik dan ini memungkinkan interaksi yang lebih baik dengan para penggemar di stadion dan penawaran produk dan layanan melalui Granota, aplikasi penggemar klub,” jelas Gil.

Yang tidak kalah penting adalah akustik di dalam stadion, yang hadir karena desain atap yang baru ini. Akustik baru ini akan memunculkan suara dan suasana yang lebih hidup sepanjang pertandingan. Para penggemar juga akan terlindungi dari pancaran panas sinar matahari maupun hujan badai.

“Papan skor dan sistem suara yang baru juga akan menawarkan pengalaman kualitas yang lebih baik,” tambah Gil.

Menjadi Percontohan Stadion Berkapasitas Sedang

Pengerjaan renovasi Cuitat de Valencia dilakukan saat kompetisi masih berjalan, tepatnya sejak 8 Maret 2020, atau selama delapan bulan. Baru pada 8 November, stadion ini bisa kembali digunakan.

“Untuk pertandingan ini, kami menanam rumput hybrid, pencahayaan baru yang memenuhi panduan penyiaran, dan seluruh struk atapnya. Selangkah demi langkah, atap akan ditutup, dan papan skor baru serta kamera udara akan dioperasikan,” kata Gil.

Ke depannya, Levante akan menambah beberapa hal lagi, dalam hal olahraga maupun kepuasan penggemar. Misalnya pembangunan toko klub di stadion sehingga bisa menjadikan pendapatan buat klub.

“Tujuan mendasar dari rencana yang kami lakukan adalah membuat stadion kami lebih modern dan sebagai referensi untuk stadion berukuran sedang, berkat desain fungsional yang difokuskan pada pengalaman penggemar dan berkat cara pengelolaannya di hari non-pertandingan,” pungkas Gil.

https://www.instagram.com/p/CH7GtACDE-m/

Loading...