OUR NETWORK

Ke Mana Tur Pramusim Barcelona, Atletico, dan Real Madrid?

Amerika Serikat menjadi tujuan tiga tim elite La Liga.

Sejak musim 2012/2013, komposisi tiga besar La Liga Spanyol tidak pernah berubah. Tiga tim selalu menghuni posisi tersebut, Atletico Madrid, Barcelona, dan Real Madrid. Posisinya memang bergantian, dengan Barcelona empat kali juara dan dua sisanya terbagi rata untuk dua klub ibu kota.

Begitupun di kancah antarklub Eropa. Ketiganya begitu dominan, khusunya El Real yang memborong trofi Liga Champions empat kali dalam lima musim dalam kurun waktu 2013-2018. Barcelona sekali menyela dengan juara pada edisi 2014-15. Sedangkan Atletico tampil dua kali di laga final tahun 2014 dan 2016, plus menggondol trofi Europa League musim 2017-18.

Sayang, musim lalu hanya Barcelona yang merengkuh trofi juara. Ketiganya melempem di Liga Champions. Duo Madrid tersungkur menyakitkan di fase 16 besar, sementara Barcelona dihajar 4-0 Liverpool di Anfield meski laga pertama unggul tiga gol tanpa balas. Tambah perih, Copa Del Rey yang sebelumnya mereka menangi empat kali beruntun, mesti direbut Valencia.

Untuk meningkatkan pencapaian dari musim lalu, tentu ketiganya memerlukan persiapan pramusim yang matang. Santernya pemberitaan hengkangnya Antoine Griezmann dari Atletico ke Barca membuat percaturan ketiganya semakin panas. Sebab Madrid pun memulai era baru yang ditumpukan kepada maestro Belgia, Eden Hazard.

Lantas, ke mana saja Blaugrana, Los Rojiblancos, dan Los Merengues terbang di musim panas kali ini untuk menyiapkan tim dan menyapa penggemar? Berikut ulasannya:

Barcelona Kunjungi Jepang

Barcelona berkelana ke Negeri Sakura untuk pramusim 2019. Foto: Japan Times.Masa pramusim Jordi Alba, dkk. bakal dimulai pada tanggal 14 Juli pada pemusatan latihan Joan Gamper di Sant Joan Despi. Tes fisik dan medis para pemain dilakukan untuk mengetahui kondisi mereka selepas libur panjang.

Mereka bakal mengunjungi Jepang sebagai bagian dari kerja sama dengan sponsor utama seragam tim. Mereka bakal meladeni Chelsea dan tim lokal, Vissel Kobe yang diperkuat Andres Iniesta plus David Villa. Selepas itu, El Barca bersua tim Ingris lainnya, Arsenal dalam turnamen tahunan miliki mereka, Joan Gamper Trophy.

Semakin unik, anak asuh Ernesto Valverde turut serta di Piala LaLigaSerie A yang bakal mempertemukan tim papan atas liga Spanyol dan Italia. Peringkat kedua Serie A, Napoli siap mengetes dua kali kekompakan tim Catalan menyambut musim baru.

Jadwal

23 Juli vs Chelsea (Stadion Saitama, Jepang – Piala Rakuten) 17.30 WIB

24 Juli vs Vissel Kobe Iniesta+Villa (Stadion Saitama, Saitama, Jepang) TBD

5 Agustus vs Arsenal (Stadion Camp Nou, Barcelona – Joan Gamper Trophy) 00.00 WIB

7 dan 10 Juli vs Napoli (Stadion Hard Rock dan Stadion Michigan, AS – LaLiga Serie A Cup) TBD

Atletico Madrid Penuh Rasa

Atletico memulai pramusim lebih awal dari dua pesaing terdekat mereka. Era baru tanpa Griezmann berganti milik Joao Felix berlangsung di markas tim sebelum terbang ke Amerika Serikat dan Meksiko.

Los Colchoneros menjalani enam laga pramusim dengan lawan yang variatif. Laga pertama melawan Numancia tergelar sebagai penghormatan kepada Presiden Klub selama 1987-2003, Jesus Gil. Selanjutnya mereka melakoni tiga laga di Amerika Serikat, melawan klub Meksiko Chivas de Guadalajara dan tim sekota Real Madrid. Keduanya masuk ke dalam agenda International Champions Cup.

Juga suatu kehormatan bagi Atletico bisa melawan tim MLS All-Stars pada pekan rehat MLS. Setelah mengubah format pada 2005, pekan All-Star MLS tidak lagi mempertemukan kumpulan pemain terbaik wiilayah barat dan timur. Untuk pertama kalinya, tim asuhan Diego Simeone diundang tampil.

Tidak kalah menarik, Atletico bakal meladeni ‘tim saudara’ mereka di Meksiko, Atletico San Luis. Sejak mengakuisi kepemilikan saham klub guna menyebarkan falsafah sepak bola mereka pada 2007, baru musim depan Atletico San Luis promosi ke Liga MX Meksiko.

Pramusim ditutup saat tim yang mengandaskan perjalan mereka di Liga Champions, Juventus menantang laga ulang di Stadion Fiends Arena, Swedia. Tur pramusim yang bakal penuh rasa bagi Jan Oblak, dkk.

Jadwal

21 Juli vs Numancia (Stadion Muncipal de El Burgo de Osma, Spanyol – Laga Memorial Jesus Gil) 00.00 WIB

24 Juli vs Chivas Guadalajara (Stadion Globe Life Park, AS – ICC) 08.00 WIB

27 Juli vs Real Madrid (Stadion MetLife, AS – ICC) 06.30 WIB

2 Agustus vs MLS All-Stars (Stadion Orlando City, AS – All-Star Game) 07.00 WIB

4 Agustus vs Atletico San Luis (Stadion Alfonso Lastras, Meksiko) 00.00 WIB

10 Agustus vs Juventus (Stadion Friends Arena, Swedia) 23.00 WIB

Real Madrid Bersiap di Kanada

Pembenahan cepat dilakukan Real Madrid setelah menjalani musim memusingkan. Zinedine Zidane mendapati kendali penuhh sejak awal. Bersama rekrutan anyar yang diboyong cepat dan punya nama besar, khususnya Eden Hazard.

Selain Amerika Serikat, Los Galacticos (jilid kesekian) juga pergi ke Kanada. Bahkan, mereka memang menggelar persiapan pramusim di Montreal sedari tanggal 9-20 Juli atas permintaan Zidane. Setelahnya mereka menggelar pertandingan pramusim di ajang ICC, melawan Bayern Muenchen, Arsenal, dan Atletico.

Selain ICC, Madrid turut ikut serta di kompetisi Audi Cup. Ada satu turnamen lagi dijalani Madrid, yakni Trofeo Bernabeu yang belum ditentukan jadwal dan lawan pastinya. Sebab perlu mengecek kesediaan Stadion Santiago Bernabeu yang tengah dipugar untuk musim yang lebih segar.

Bahkan kepastiannya belum ada, mengingat mereka pun memohon tampil tandang tiga laga awal La Liga musim depan.

Jadwal

21 Juli vs Bayern Muenchen (Stadion NRG Houston, AS – ICC) 07.00 WIB

24 Juli vs Arsenal (Stadion FedEx Field, Washington DC – ICC) 06.00 WIB

27 Juli vs Atletico Madrid (Stadion MetLife, AS – ICC) 06.30 WIB

Games: Bayern Munich (July 21), Arsenal (July 24), Atletico Madrid (27 July), Tottenham Hotspur (31 July), Bayern Munich or Fenerbahce (August 1), team to be confirmed (August 7), team to be confirmed (August 11).

30 Juli vs Tottenham Hotspur (Allianz Arena, Muenchen – Audi Cup) 23.00 WIB

31 Juli/1 Agustus vs Bayern/Fenerbahce (Allianz Arena, Muenchen – Audi Cup) 23.00 WIB/01.30 WIB

Trofeo Bernabeu – TBD

Sumber: Marca/AS/Situs Barcelona/Atletico/Real Madrid