OUR NETWORK

Aaron Ramsey, Kualitas yang Akan Dirindukan Arsenal

Aaron Ramsey masih berusia 28 tahun, dan melepasnya secara gratis adalah kesalahan. Ramsey masih punya setidaknya empat tahun untuk bisa menguasai lini tengah, apalagi kalau talentanya benar-benar dimaksimalkan. Namun, tak sedikit pula yang merasa kalau gaji 400 ribu paun perpekan buat Ramsey adalah angka yang kelewatan.

Februari lalu, Juventus secara resmi mengumumkan kalau pemain timnas Wales tersebut akan bergabung dengan Si Nyonya Tua dalam petualangan di Serie A. Juventus memang beruntung mendapatkan Ramsey karena tak perlu membayar uang transfer. Pasalnya, Ramsey sudah tak dibutuhkan di London Utara sementara kontraknya sudah habis akhir musim nanti.

Ketika Ramsey dipastikan meninggalkan Arsenal akhir musim nanti, banyak yang merasa kalau Ramsey tak akan fokus. Namun, Ramsey memastikan kalau dirinya akan tetap memberikan yang terbaik karena statusnya masih sebagai pemain Arsenal. Anehnya, sejak peresmiannya sebagai pemain Juventus, Ramsey justru tampil fantastis. Ia amat membantu Arsenal untuk berjuang di empat besar Premier League dan tengah dalam perjalanan menuju semifinal Europa League.

Ramsey sebenarnya adalah gelandang potensial. Bersama dengan Jack Wilshere, ia sempat digadang-gadang menjadi gelandang masa depan The Gunners. Sayangnya, Ramsey pun punya kelemahan bersama Arsenal: kesebelasan yang dibelanya tak cukup kuat untuk berkompetisi. Sepanjang 11 tahunnya bersama Arsenal, ia cuma mendapatkan tiga trofi Piala FA.

Pada akhirnya, kepindahannya ke Juventus memberikan keuntungan buat semua pihak, kecuali Arsenal.

Gaji Besar, Bukan Masalah Buat Juventus

Gaji yang didapatkan Ramsey di Juventus nanti menjadikannya sebagai salah satu pemain dengan gaji tertinggi di dunia. Ia pun akan melewati gaji rekan-rekannya di Arsenal, seperti Mesut Ozil. Masalah gaji ini barangkali dianggap sebagai ganjalan besar buat Juventus. Namun, ternyata tidak, karena ketika Juve bisa mendatangkan Cristiano Ronaldo, apa yang tak bisa mereka lakukan?

Secara hitung-hitungan, gaji Ramsey di Juventus terbilang sepadan. Hitungannya, dalam semusim, Juventus mengeluarkan sekitar 20 juta paun untuk Ramsey. Karena si pemain tak memerlukan biaya transfer, angka ini akan dianggap sebagai biaya transfer Ramsey.

Dalam hal finansial, Juventus pun seperti tengah membuka pasar mereka ke Inggris dengan berharap pada penjualan kostum Ramsey. Belum lagi, kalau Ramsey tampil cemerlang, bukan tak mungkin ia dijual dan Juventus mendapatkan untung.

Mirip Ozil di Real Madrid

Sebelum laga menghadapi Arsenal, Pelatih Napoli, Carlo Ancelotti menceritakan hubungannya dengan Mesut Ozil di Real Madrid. Ketika Arsenal mendatangkan Ozil pada 2014, Ancelotti sebenarnya mengkritik keputusan gelandang Jerman tersebut. Pasalnya, Ancelotti merasa kalau Ozil enggan bertarung untuk mendapatkan tempat di Real.

Di sisi lain, Real Madrid juga merugi karena mereka memang membutuhkan pemain kreatif macam Ozil. Bahkan, konon Cristiano Ronaldo marah karena Real mempersilakan Ozil pergi. Padahal, Ozil adalah distributor buat gol-gol Ronaldo saat itu.

Hal yang sama agaknya juga terjadi pada Ramsey. Unai Emery memang tak menganggap Ramsey adalah bagian yang tepat untuk mengisi puzzle-nya di lini tengah Arsenal. Namun, Ramsey memberikan lini tengah Arsenal kualitas yang memadai untuk bersaing di Premier League.

Di lini tengah, Ramsey pernah bermain bersama Samir Nasri, Cesc Fabregas, Tomas Rosicky, Alex Song, Mikel Arteta, Santi Cazorla, Mathieu Flamini, hingga Francis Coquelin, tapi cuma Ramsey yang bertahan hingga saat ini. Kualitas Ramsey di lini tengah tak perlu lagi dipertanyakan. Apalagi semakin bertambah usia, Ramsey terasa begitu dewasa. Ia bermain dalam performa terbaiknya dan konsisten.

***

Usai laga melawan Napoli, Emery yang biasanya jarang memuji satu individu, kini memuji Ramsey. Menurutnya, Ramsey bisa memimpin tim dalam siatuasi di mana mungkin pemain lain tak akan bisa melakukannya.

“Dia ingin membantu kami dengan sesuatu yang pentin. Dia punya perasaan besar pada klub ini. Dia memberikan kami lebih dari yang dia bisa lakukan dengan penampilan terbaiknya. AKu ingin menikmati masa-masa dengannya saat ini dan melakukan sesuatu yang penting. Fokusnya kini amat besar buat Arsenal,” kata Emery.

Ya, nikmatilah masa-masa kalian dengan Ramsey karena Arsenal akan sangat merindukannya.

Loading...