OUR NETWORK

Alasan Wenger Merupakan Sosok Tepat untuk AC Milan

Wenger berada di pole position untuk gantikan Gennaro Gattuso

Nestapa AC Milan di musim ini bagaikan tak ada akhirnya. Gennaro Gattuso, sang pelatih, jadi kambing hitam. Eks pemain AC Milan tersebut tersudut. Kabar mengenai pemecatannya pun berhembus kencang.

Manajemen Milan disebut sudah gerah dengan kondisi yang ada saat ini. Bahkan kabarnya, Milan sudah mengantongi beberapa calon pengganti Gattuso. Salah satu yang santer dikaitkan dengan Milan adalah Arsene Wenger.

Mantan pelatih Arsenal tersebut berada di jalur terdepan dibandingkan kandidat lainnya. Jose Mourinho juga disebut jadi target Milan. Akan manajemen Milan lebih condong ingin memilih Wenger sebagai manajer selanjutnya.

Ngebetnya pihak Rossoneri untuk merekrut Wenger sebenarnya bukan tanpa alasan. Jika melihat kondisi Milan saat ini, baik di luar maupun di dalam lapangan, Wenger tampaknya bisa jadi sosok yang tepat untuk membereskan semua masalah Milan.

Secara pengalaman Wenger sudah tidak perlu diragukan lagi. Sepanjang kariernya Wenger sudah melatih empat tim yaitu Nancy, AS Monaco, Nagoya Grampus, dan Arsenal. Namanya mencuat kala melatih Arsenal.

Filosofi Wenger yang bisa memanfaatkan talenta pemain muda cocok dengan komposisi skuad Milan saat ini. Wenger tidak hanya jeli dalam melihat talenta muda berbakat, ia juga paham bagaimana mengeluarkan kemampuan terbaik pemain muda tersebut.

Semasa melatih Arsenal, ada masa di mana Meriam London bermain sangat atraktif dan menghibur dengan komposisi skuat yang diisi pemain muda plus beberapa pemain yang sudah cukup berumur.

Apalagi skuat Milan juga sebenarnya tidak buruk sama sekali. Buktinya saja mereka masih bisa bertengger di peringkat enam klasemen sementara saat ini, padahal secara gaya bermain di bawah arahan Gattuso, Milan begitu tak efektif, terutama dalam penyelesaian akhir.

Wenger telah banyak bekerja sama dengan striker-striker top dunia. Thierry Henry, Dennis Bergkamp, Robin van Persie, hingga Alexis Sanchez. Semuanya tampil trengginas selama masih di tangani oleh Wenger.

Dengan lini depan yang diperkuat oleh striker sekaliber Gonzalo Higuain, Wenger diyakini bisa dengan mudah membuat sang pemain untuk kembali ke performa terbaiknya. Membuat Higuain kembali jadi striker mematikan di depan gawang, hal yang tak bisa dilakukan Gattuso saat ini.

Selain berpengalaman secara taktik, Wenger semasa di Arsenal sukses membawa klub sehat secara finansial karena kejeliannya dalam melakukan perekrutan pemain. Hal ini juga dibutuhkan Milan yang dalam beberapa tahun belakangan memiliki manajemen yang terlihat carut marut.

Siapa yang tidak lupa dengan kebijakan Adriano Galliani yang begitu tergantung dengan pemain pinjaman. Padahal, Milan bisa saja melakukan investasi untuk perkembangan pemain mudanya. Atau melakukan pembelian yang sia-sia seperti Andre Silva dan Leonardo Bonucci.

Sebagai klub yang masih dalam tahap membangun kembali kekuatannya, penunjukkan Wenger bisa dinilai sangat tepat. Jangan lupakan juga track record pria yang dijuluki The Professor tersebut ketika membawa Arsenal menjadi juara tak terkalahkan pada musim 2003/2004.

Terlepas dari tahun-tahun terakhirnya bersama Arsenal yang jauh dari kata impresif, Wenger punya segalanya yang dibutuhkan oleh Milan saat ini. Satu kekurangan yang mungkin jadi perhatian Milan adalah Wenger belum pernah sama sekali berkarier di kompetisi tertinggi Italia tersebut.

Namun setidaknya jika bisa mengamankan jasa Wenger, Milan masih belum terlambat untuk kembali ke trek yang benar. Apalagi kompetisi masih panjang, masih ada kesempatan untuk Milan setidaknya finis di zona empat besar dan bahkan mungkin lolos ke Liga Champions musim depan.