OUR NETWORK

Jean-Paul De Jong di Utrecht, Erik Ten Hag ke Ajax

Erik Ten Hag resmi meninggalkan posisinya sebagai pelatih FC Utrecht demi menjadi pelatih Ajax Amsterdam. Pos yang lowong kini diisi oleh Jean Paul de Jong yang naik jabatan dari asisten pelatih.

Jean-Paul de Jong bukanlah nama yang asing buat publik sepakbola Belanda. Pria kelahiran 17 Oktober 1970 ini mengawali karier sepakbolanya sebagai pemain. Berposisi sebagai gelandang kanan, ia telah melakoni 450 pertandingan resmi dalam 14 tahun dan berhasil memboyong dua gelar utama sepanjang karirnya.

Kecintaan De Jong dengan dunia sepakbola terlihat sejak masih belia di mana ia memulai karier juniornya bersama beberapa SSBseperti DWSV, Elinkwijk, hingga Feyenoord dan Ajax Amsterdam. Namun, debut seniornya baru ia mulai dengan bergabung bersama klub asal Jerman, VFL Osnaburck di usia yang baru menginjak 20 tahun.

Tampil dua musim di negeri orang, akhirnya pada 1993 De Jong memtuskan untuk kembali ke kota asalnya Utrecht. Bersama FC Utrecht, kariernya mulai menampakan kecerahan di mana total ia memainkan 370 pertandingan Eredivisie dengan mencetak 11 gol. Kontribusinya ini turut mengantarkan FC Utrecht meraih Piala KNVB tiga kali beruntun pada 2002, 2003, dan 2004. Ia pun sampai mendapatkan julukan Mr. FC Utrecht.

Setelah memutuskan untuk gantung sepatu, kecintaan De Jong pada sepakbola kian bertambah. Ia pun memilih bekerja sebagai pelatih tim muda FC Utrecht. Pada 2013, De Jong menerima gelar Diploma Coach Paid Football, setelah sebelumnya magang di klub Liga 2 Belanda, Go Ahead Eagles, bersama Erik Ten Hag.

Pada tahun yang sama, De Jong juga menaungi FC Eindhoven di mana ia mampu membawa tim keposisi keenam pada 2014 dan menjadi runner-up pada 2015. Karena performanya yang dinilai memuaskan, De Jong pun mendapatkan penghargaan Gouden Stier sebagai pelatih terbaik Eredivisie dan banyak kesebelasan besar yang menginginkan jasanya.

Loading...