OUR NETWORK

Masa Depan Cerah Gelandang Serang Inggris

Pada akhir bulan Maret ini tim nasional Inggris dikabarkan akan memainkan pertandingan persahabatan terjadwal melawan Italia dan Denmark. Pertandingan ini diisyaratkan sebagai persiapan mereka sebelum bersua dengan negara-negara Eropa lainnya pada kompetisi Euro 2020 musim panas nanti. Namun di tengah persiapan ini, manajer Gareth Southgate malah harus menghadapi beberapa keputusan besar sendiri.

Manajer pasukan The Three Lions tersebut bukan hanya sangat “berkeringat” ketika melihat kondisi kebugaran pemain depan Harry Kane dan Marcus Rashford. Tetapi ia juga “berkeringat” ketika harus memilih pemain gelandang serang untuk timnya. Hanya saja, kekhawatiran Southgate soal gelandang serang ini bukan atas dasar persoalan kebugaran, melainkan atas dasar menumpuknya pilihan.

Dele Alli dan Jesse Lingard mungkin adalah beberapa gelandang serang Inggris yang pernah bermain di semifinal Piala Dunia 2018. Ada indikasi bahwa mereka berdua akan kembali ke dalam timnas Inggris untuk Euro 2020. Namun, dikutip dari The Guardian, tampaknya sekarang hanya Alli saja yang masih dilirik untuk bermain di timnas Inggris. Sedangkan Lingard hampir sudah dipastikan akan absen.

Pada intinya Gareth Southgate sedang menghadapi persoalan semacam itu. Ditambah lagi sekarang, ia dihadapkan pada sebuah teka-teki sulit untuk memilih siapa saja yang harus masuk ke dalam skuat asuhannya nanti? Terutama, siapa yang akan ia pilih untuk menjadi pemain gelandang serang di timnya?

Maka menarik untuk dijadikan gambaran, berikut daftar gelandang serang potensial yang akan dipilih Gareth Southgate.

Ross BarkleyRating: 6.90 (Chelsea)

Ross Barkley muncul dengan bentuk apiknya di waktu yang tepat, dan hal ini membuat Southgate kembali menjadikannya pemain favorit. Seajuh ini Barkley juga telah membuat enam penampilan di kualifikasi Euro 2020 dan mengoleksi tujuh gol. Catatan gol ini membuat dirinya menjadi pencetak gol terbanyak selama kualifikasi, berada di bawah bahwa Harry Kane (12 gol) dan Raheem Sterling (delapan gol).

Mantan pemain Everton ini juga sangat baik ketika bermain untuk Chelsea sejauh musim ini. Catatan terbaru mencatat bahwa ia telah mencetak empat gol dalam tujuh pertandingan domestik terakhirnya. Selain soal catatan gol ini, pengalamannya di tingkat internasional pun kemungkinan akan menjadi pertimbangan yang paling dilirik Southgate guna bisa masuk ke timnas Inggris.

James MaddisonRating: 7.34  (Leicester City)

James Maddison melakukan debutnya di Inggris pada bulan November tahun lalu. Ketika itu ia menggantikan Alex Oxlade-Chamberlain dalam kemenangan 7-0 atas Montenegro di babak kualifikasi Euro 2020. Di saat yang sama, Maddison bermain cukup baik untuk peran playmaker di timnas Inggris. Namun sayangnya, bentuknya itu telah menurun dalam beberapa bulan terakhir.

Sejauh ini, Maddison belum mencetak gol atau membuat gol lagi dalam 11 pertandingan terakhirnya di semua kompetisi untuk Leicester. Namun kendati demikian, kreativitas dan kemampuannya menguasai bola masih membuatnya menjadi pemain yang akan dipertimbangkan Southgate. Pasalnya di satu sisi, tidak ada pemain Inggris yang memiliki umpan kunci lebih banyak di Premier League musim ini selain mantan pemain Norwich City tersebut (75 kali).

Jack GrealishRating: 7.33  (Aston Villa)

Jack Grealish menawarkan sesuatu yang berbeda dengan para pemain lainnya dalam daftar ini. Akan tetapi, menurut salah satu pundit The Guardian Martin Laurance, ia masih belum punya cukup jaminan yang pasti akan berada di tim nasional Inggris. Ia bahkan belum pernah dipanggil ke skuat Three Lions, dan tampaknya Gareth Southgate pun masih tidak yakin dengan kapten Aston Villa tersebut.

Bentuk permainan Grealish sebetulnya sangat mengesankan sekali di musim ini. Ia mencetak tujuh gol dan memberikan enam asis untuk tim yang tergolong masuk ke zona degradasi. Hanya Kevin De Bruyne saja yang mampu menciptakan lebih banyak peluang dari permainan terbuka Premier League musim ini. Dan Grealish tepat berada di bawahnya, dengan tambahan catatan; ia menjadi pemain yang paling sering dilanggar di Premier League musim ini.

Alex Oxlade-ChamberlainRating: 6.73 (Liverpool)

Alex Oxlade-Chamberlain bukan pemain pilihan pertama di level klub, akan tetapi Gareth Southgate adalah pengagum besar bakatnya. Terutama mengingat fleksibilitas taktis yang ditawarkan Chamberlain bisa memberikan Southgate opsi lain –seperti menjadi pemain sayap kanan atau kiri. Namun, syarat utama bagi pemain berusia 26 tahun itu masuk timnas Inggris adalah, ia harus mengambil menit bermain yang cukup sebelum akhir musim ini.

Mason MountRating: 7.01 (Chelsea)

Mason Mount akhirnya mengakhiri tiga bulan, atau 18 pertandingan, yang ia jalani tanpa gol dengan menjadi pembuka skor Chelsea dalam kemenangan 4-0 atas Everton akhir pekan lalu. Kembalinya ia mencetak gol ini bisa menjadi vital bagi Gareth Southgate. Meski Mount tidak memiliki kreativitas setingkat Maddison atau Grealish, tapi ia mampu mengandalkan gerakan cerdasnya untuk mengambil posisi dalam mencetak gol.

Di usianya yang masih 21 tahun, potensi Mason Mount juga terbilang luar biasa. Ia merupakan pemain yang atraktif yang mampu berkontribusi besar dalam membuka serangan tim. Namun perlu ditekankan kalau ia harus mampu menyelesaikan musim ini dengan bentuk paling terbaik –semampunya. Hal ini diperuntukan agar bisa membuat Southgate memasukannya ke dalam skuat Inggris untuk Euro 2020.

Dele AlliRating: 6.96  (Tottenham Hotspur)

Selama diasuh Jose Mourinho, Dele Alli terlihat lebih frustrasi dari sebelumnya. Ia telah dipaksa untuk memainkan peran yang tidak benar-benar cocok untuknya. Ia dituntut untuk menjadi pemain false 9 mengganti peran Harry Kane. Bentuk pemain berusia 23 tahun itu akhirnya menukik turun sejak pergantian tahun. Tapi meskipun begitu, Gareth Southgate rasanya masih melirik peran Alli karena ia memiliki banyak pengalaman bersama timnas Inggris.

***

Dengan melihat rentetan pemain dalam daftar ini, tidak heran mengapa Gareth Southgate merasa dibuat sangat “berkeringat.” Karena di timnas Inggris hanya menyediakan dua slot kosong bagi gelandang serang. Dan pilihan gelandang serang ini juga diprediksi kuat akan sangat menentukan bagaimana nasib permainan skuat Inggris di Euro 2020 nanti. Dengan begitu, patut sekali untuk dinantikan; siapa saja pemain yang akan dipilih Southgate guna mengisi slot gelandang serang di timnas Inggris?

Catatan: Pertandingan timnas Inggris menghadapi Italia dan Denmark ditunda karena pandemi Corona.

Loading...