OUR NETWORK

Bastian Schweinsteiger Umumkan Pensiun dari Sepakbola

Bastian Schweinsteiger telah mengumumkan pengunduran dirinya dari sepakbola profesional.

Gelandang asal Jerman, yang pernah berseragam Bayern Munich, Manchester United dan terakhir Chicago Fire (di MLS), menyampaikan kabar itu di media sosial pekan lalu.

Keputusan Schweinsteiger untuk mengakhiri karirnya selama 17 tahun yang penuh sukses besar membuatnya memenangkan delapan gelar Bundesliga, satu Piala FA saat di Manchester United dan Piala Dunia pada 2014 sebagai kapten tim nasional Jerman.

Dalam sebuah posting di halaman Instagram-nya, pemain berusia 35 tahun itu menulis: ‘Para Penggemar yang terhormat, waktunya telah tiba, dan saya akan menyelesaikan karir aktif saya di akhir musim ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda, Anda dan tim saya @fcbayern, @manchesterunited, @chicagofire, dan @dfb_team.

Kalian memberi waktu yang luar biasa ini menjadi mungkin bagi saya! Dan tentu saja, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada istri saya @anaivanovic dan keluarga saya atas setiap dukungan mereka. Mengucapkan selamat tinggal sebagai pemain aktif membuat saya merasa sedikit nostalgia, tetapi saya juga menantikan tantangan menarik yang segera menanti saya.

“Saya akan tetap setia pada sepakbola. Banyak-banyak terima kasih atas waktu yang kami habiskan bersama, saya akan selalu memiliki tempat untuk Anda di hati saya!”

Sebagai penghormatan, Wayne Rooney, yang bermain dengan pemainpria asal Jerman itu di Manchester, menulis di akun Twitter-nya: ‘Selamat kepada teman baik saya @Bschweinsteiger atas karir yang luar biasa. Sangat menyenangkan bisa bermain bersama Anda. Semoga sukses di masa pensiun Anda #legend ‘

Schweinsteiger memulai karirnya sebagai pemain akademi di Bayern Munich pada tahun 2002 dan kemudian menjadi legenda klub setelah mengabdi 13 tahun di Bavaria.

Dia menjadi andalan di lini tengah dan mengangkat delapan gelar Bundesliga, tujuh Piala Jerman dan satu gelar Liga Champions pada musim 2012-13 dengan kemenangan atas rival mereka, Borussia Dortmund.

Dia membuat lebih dari 500 penampilan untuk raksasa Bavarian sebelum memilih untuk tantangan baru di Manchester United di bawah asuhan Louis van Gaal.

Bek sayap Bayern saat ini, David Alaba menulis di story Instagram-nya: “Olahraga ini akan merindukanmu, nikmati waktu luangmu.”

Dia adalah bagian dari skuad yang mengangkat Piala FA di musim perdananya di Old Trafford dengan kemenangan atas Crystal Palace di final.

Dua tahun di Amerika Serikat bersama Chicago Fire kini segera berakhir dengan pertandingan terakhirnya sebagai pemain profesional dalam kemenangan 5-2 atas Orlando City.

Schweinsteiger memainkan 92 pertandingan untuk tim MLS, mencetak 8 gol. Komisaris MLS, Don Garber, berbicara melalui Twitter setelah pension itu diumumkan untuk memberi penghargaan pada salah satu gelandang terbaik Eropa.

Garber menulis: ‘Sangat menyenangkan memiliki salah satu pemain yang paling dihiasi dalam sejarah sepakbola global yang bersaing di @ MLS. Bastian, terima kasih atas kontribusi Anda pada permainan yang indah selama tiga musim Anda bersama @ChicagoFire.’

Bayern pun merilis montase berdurasi dua menit perjalanannya dari seorang anak muda berbakat di klub sampai menjadi kapten dan mengangkat penghargaan utama dalam dunia sepakbola.

Schweinsteiger dan Perjalanan di Chicago Fire

Pada tanggal 21 Maret 2017, Manchester United mengizinkan Schweinsteiger bergabung dengan tim Major League Soccer Chicago Fire, yang kemudian dilanjutkan dengan menjalani pemeriksaan medis dan visa.  Langkah ini selesai pada 29 Maret dan beberapa hari kemudian, Mourinho menyatakan bahwa dia “menyesali” cara dia memperlakukan Schweinsteiger.

Pada 1 April, Schweinsteiger memulai debutnya untuk Chicago Fire, mencetak gol penyeimbang 2-2 melawan Montreal Impact di kandang. Pada pertengahan musim, ia membantu membawa Chicago ke puncak klasemen MLS dan terpilih sebagai “MLS All-Star Fan XI” (bersama dengan rekan setimnya Nemanja Nikolić) untuk menghadapi Real Madrid pada pertandingan All-Star MLS 2017 di Chicago.

Setelah membawa Fire kembali ke babak play-off setelah absen lima tahun, Schweinsteiger diberi opsi kontrak satu tahun lagi pada 2018. Dia menyarangkan satu gol dan juga memberikan assist untuk gol penyeimbang Alan Gordon pada perpanjangan waktu dalam hasil imbang 2-2 melawan Toronto FC pada 29 April 2018.

Pada 5 Agustus, ia mencetak gol dari jarak jauh untuk menyamakan skor setelah masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua, tetapi timnya dikalahkan dengan skor 2-1 melawan Real Salt Lake.

Pada 11 Juli, Schweinsteiger mencetak gol di akhir pertandingan dan memberikan satu assist untuk gol Aleksandar Katai dalam kekalahan kandang 4–3 melawan Uni Philadelphia.

Dan pada 8 Oktober 2019, Schweinsteiger mengumumkan pengunduran dirinya dari sepakbola profesional.

Loading...