OUR NETWORK

10 April 2004: Gol Pertama Andres Iniesta untuk Barcelona di La Liga

Andres Iniesta baru bergabung dengan La Masia pada usia 12 tahun. Itu pun setelah pelatih tim muda Barcelona, Enrique Orizaola, meminta orang tua Iniesta untuk memindahkan anaknya dari Albacete ke Barca.

Iniesta mulai mencuri perhatian kala tim yang ia kapteni menjuarai Nike Premier Cup pada 1999. Pep Guardiola, yang kala itu menjabat sebagai kapten Barcelona, bilang pada Xavi Hernandez: “Kamu akan bikin aku pensiun. Tapi anak ini [Iniesta] akan bikin kita semua pensiun.”

Pemain kelahiran 11 Mei 1984 ini memang sudah bermain di tim utama Barcelona sejak musim 2002/2003. Ia mencatatkan enam penampilan di La Liga. Semusim kemudian, jumlah pertandingannya di La Liga naik hampir dua kali lipat. Namun, yang paling dikenang adalah golnya ke gawang Levante dan Real Sociedad.

Gol ke gawang Levante dicetak pada Januari 2004 di ajang Copa del Rey, sementara golnya ke gawang Real Sociedad dicetak di La Liga. Ini merupakan satu gol penting dari total 35 gol Iniesta buat Barcelona di La Liga.

Iniesta kala itu masih mengenakan kostum bernomor “24”. Kostum nomor “8” yang identik dengannya, masih digunakan oleh Phillip Cocu.

Dalam pertandingan yang digelar di Jose Zorrilla, Valladolid, tersebut, Barcelona menang dengan skor 3-1. Gol Barca dicetak oleh Javier Saviola pada menit kedua, Ronaldino pada menit ke-30, dan Iniesta mencetak gol terakhir pada menit ke-84.

Iniesta sendiri tak turun sebagai pemain utama. Ia baru masuk pada menit ke-76 menggantikan Gerard Lopez yang terkena kartu kuning. Di pertandingan itu pun Barcelona menurunkan pemain yang juga dipromosikan dari tim akademi, yakni Victor Valdes.

Iniesta yang kala itu masih berusia 21 tahun, menerima umpan Luis Enrique dan mengecoh kiper Albano Bizzarri, sekaligus mengunci kemenangan Barcelona 3-1. Iniesta lalu mencetak 34 gol lainnya dalam 442 penampilannya di La Liga bersama Barcelona, selama 16 musim. Sepanjang kariernya, Iniesta memenangi sembilan gelar La Liga, enam gelar Copa del Rey, serta empat gelar Liga Champions. Bersama timnas Spanyol, Iniesta meraih satu trofi Piala Dunia dan dua gelar Piala Eropa.

View this post on Instagram

Andres Iniesta baru bergabung dengan La Masia pada usia 12 tahun. Itu pun setelah pelatih tim muda Barcelona, Enrique Orizaola, meminta orang tua Iniesta untuk memindahkan anaknya dari Albacete ke Barca. . Iniesta mulai mencuri perhatian kala tim yang ia kapteni menjuarai Nike Premier Cup pada 1999. Pep Guardiola, yang kala itu menjabat sebagai kapten Barcelona, bilang pada Xavi Hernandez: "Kamu akan bikin aku pensiun. Tapi anak ini [Iniesta] akan bikin kita semua pensiun." . Pemain kelahiran 11 Mei 1984 ini memang sudah bermain di tim utama Barcelona sejak musim 2002/2003. Ia mencatatkan enam penampilan di La Liga. Semusim kemudian, jumlah pertandingannya di La Liga naik hampir dua kali lipat. Namun, yang paling dikenang adalah golnya ke gawang Levante dan Real Sociedad. . Gol ke gawang Levante dicetak pada Januari 2004 di ajang Copa del Rey, sementara golnya ke gawang Real Sociedad dicetak di La Liga. Ini merupakan satu gol penting dari total 35 gol Iniesta buat Barcelona di La Liga. . Iniesta kala itu masih mengenakan kostum bernomor "24". Kostum nomor "8" yang identik dengannya, masih digunakan oleh Phillip Cocu. . Dalam pertandingan yang digelar di Jose Zorrilla, Valladolid, tersebut, Barcelona menang dengan skor 3-1. Gol Barca dicetak oleh Javier Saviola pada menit kedua, Ronaldino pada menit ke-30, dan Iniesta mencetak gol terakhir pada menit ke-84. . Iniesta sendiri tak turun sebagai pemain utama. Ia baru masuk pada menit ke-76 menggantikan Gerard Lopez yang terkena kartu kuning. Di pertandingan itu pun Barcelona menurunkan pemain yang juga dipromosikan dari tim akademi, yakni Victor Valdes. . Iniesta yang kala itu masih berusia 21 tahun, menerima umpan Luis Enrique dan mengecoh kiper Albano Bizzarri, sekaligus mengunci kemenangan Barcelona 3-1. Iniesta lalu mencetak 34 gol lainnya dalam 442 penampilannya di La Liga bersama Barcelona, selama 16 musim. Sepanjang kariernya, Iniesta memenangi sembilan gelar La Liga, enam gelar Copa del Rey, serta empat gelar Liga Champions. Bersama timnas Spanyol, Iniesta meraih satu trofi Piala Dunia dan dua gelar Piala Eropa. . . . #AndresIniesta #Iniesta #barcelona #barca #bola #sepakbola #indonesia #berita

A post shared by LigaLaga (@ligalaga.id) on

Loading...