OUR NETWORK

Juventus Juara Serie A 2018/2019

Juventus menjuarai Serie 2018/2019 usai mengalahkan Fiorentina 2-1. Ini merupakan gelar Serie A kedelapan Juventus yang diraih secara beruntun. Fiorentina sendiri tandang ke Allianz dengan modal buruk. Mereka tak pernah menang dalam delapan pertandingan Serie A sebelumnya.

Dalam laga yang dilangsungkan di Allianz Arena tersebut, Juventus tertinggal terlebih dahulu. Nikola Milenkovic membuka keunggulan Fiorentina lewat gol cepat yang ia lesakkan pada menit keenam. Delapan menit sebelum turun minum, Alex Sandro membuka asa Juventus dengan golnya yang ia cetak lewat sundulan. Juventus akhirnya unggul atas La Viola pada menit ke-53, usai German Pezzella salah mengantisipasi umpan silang Cristiano Ronaldo, yang membuat bola bergulir ke gawangnya sendiri.

Dengan gelar juara ini, Juventus menjadi kesebelasan pertama di Serie A, La Liga, Bundes Liga, Ligue 1 dan Premier League, yang mampu menjuarai liga delapan kali secara beruntun. Sementara itu, Cristiano Ronaldo menjadi pemain pertama yang mampu menjuarai Premier League, La Liga, dan Serie A.

Kemenangan ini sekaligus melengkapi gelar juara yang diraih tim perempuan Juventus yang dua kali menjuarai Serie A secara beruntun sejak dibentuk pada 2017. Kesebelasan yang dihuni Petronella Ekroth, Cristiana Girelli, dan Eniola Aluko, ini memastikan gelar usai menang 3-0 atas Verona, yang membuat mereka berselisih satu poin dengan Fiorentina di peringkat kedua.

“Aku sangat bahagia karena aku memenangi gelar juara Liga Italia di musim pertamaku. Tentu saja, kami tak berjalan baik di Liga Champions, tapi masih ada musim depan,” kata Cristiano Ronaldo yang didatangkan senilai 90 juta paun dari Real Madrid awal musim ini.

Kemenangan atas Fiorentina tersebut membuat Juventus meraih 28 kemenangan dari 33 pertandingan yang mereka lalui musim ini. Total, Juve meraih 87 poin atau tak terkejar dengan jarak 20 poin dari rival terdekatnya, Napoli. Juve menjuarai liga dengan sisa lima pertandingan lagi. Si Nyonya Tua kini telah mengumpulkan 35 scudetto, jauh meninggalkan AC Milan yang punya 18 trofi Serie A. Dominasi Juve di Serie dimulai pada musim 2011/2012 ketika mereka memenangi gelar Serie A pertama usai didegradasi akibat kasus match fixing pada 2004-2006.

Loading...