OUR NETWORK

Kalahkan Belanda, Portugal Juarai UEFA Nations League

Portugal berhasil meraih trofi perdana UEFA Nations League usai mengalahkan Belanda dengan skor tipis 1-0. Keberhasilan ini merupakan yang kedua buat Portugal dalam tiga tahun terakhir, setelah pada 2016 mereka meraih trofi Piala Eropa.

“Selama lima tahun terakhir kami telah menjadi keluarga yang hampir tidak bisa dihancurkan yang tahu apa yang bisa kami lakukan. Kami tahu kami bisa memenangi pertandingan ini,” ucap pelatih Portugal, Fernando Santos.

Kemenangan Portugal tersebut ditentukan lewat satu gol Goncalo Guedes pada menit ke-60. Pemain sayap Valencia ini melepaskan tendangan keras hasil umpan cut-back Bernardo Silva. Gawang Belanda yang dikawal Jasper Cillessen pun bergetar meski ia sudah berhasil menepis bola.

Dalam pertandingan tersebut, Cristiano Ronaldo kesulitan untuk memberi dampak. Salah satu alasannya karena kehadiran Virgil van Dijk yang menjaga ketat pemain Juventus tersebut. Pertemuan Ronaldo dengan Van Dijk terbilang spesial mengingat keduanya membawa timnya juara. Ronaldo bersama Juventus di Serie A, sementara Van Dijk bersama Liverpool di Liga Champions.

Ronaldo sebelumnya menjadi kunci kemenangan Portugal di babak semifinal. Kala menghadapi Swiss, ia mencetak hattrick yang membuat capaian golnya untuk Portugal menjadi 88 gol. Namun, Van Dijk menyulitkan Ronaldo. Ini yang membuat mantan pemain Manchester United tersebut lebih sering bergerak menyisir sayap dan membuat Guedes merangsek ke tengah.

Sementara itu pemberi asis kemenangan malam itu, Bernardo Silva, menyatakan, “Aku sangat bahagia dan sangat bangga. Ini adalah gelar pertamaku bersama Portugal. Setelah musim yang luar biasa bersama tim ku, untuk mengakhirinya dengan cara ini amatlah luar biasa. Ini adalah waktunya untuk beristirahat dan menyiapkan musim selanjutnya untuk melakukan hal yang lebih baik lagi.”

“Hal terpenting saat ini adalah Portugal menang. Kalau Anda bisa menambahkannya ke penghargaan individu, itu lebih baik,” kata Silva yang dianugerahi pemain terbaik dalam kompetisi tersebut.

Portugal kini tak terkalahkan dalam 10 pertandingan terakhir mereka. Sementara itu, ini merupakan prestasi tertinggi Belanda dalam tiga tahun terakhir karena mereka gagal lolos ke Piala Dunia 2018 dan Piala Eropa 2016. Penunjukkan Ronald Koeman dipandang sebagai titik balik Belanda di turnamen internasional.

“Mereka adalah master dalam bertahan ketika mereka unggul. Kita seharusnya sedikit lebih pintar dalam mencari tendangan bebas. Kami tak cukup bagus malam ini. Kami kehilangan sedikit kreativitas di lini serang,” kata Koeman.

Bursa Transfer yang Menghangat

Dalam pertandingan tersebut, Matthijs De Ligt terlihat ditemui Cristiano Ronaldo yang bicara padanya. Tak lama, ia kemudian tertawa. Kepada media Belanda, De Ligt mengungkapkan kalau Ronaldo mengajaknya datang ke Juventus.

“Aku sedikit terkejut,” kata De Ligt. “Itulah mengapa aku tertawa. Tapi aku tak berkata apa-apa.”

Sejak pertandingan semifinal, nama De Ligt kian menjadi sorotan. Apalagi, ia berduet dengan salah satu bek terbaik juga, Virgil van Dijk. De Ligt sempat dikaitkan dengan Manchester United dan Barcelona. Di usianya yang masih 19 tahun, ia mengapteni Ajax Amsterdam untuk memenangi Eredivisie dan Piala Liga Belanda. Menghadapi Portugal, De Ligt mencatatkan enam sapuan dan tiga tekel.

Selain De Ligt, yang digosipkan pindah adalah Bruno Fernandes yang digosipkan siap pindah dengan mahar 68 juta paun ke Manchester United ataupun Tottenham Hotspur. Ia mencetak 32 gol dan memberikan 17 asis buat Sporting Lisbon musim lalu.

Dalam pertandingan tersebut, Fernandes yang masih berusia 24 tahun, tampil impresif. Pergerakannya sulit untuk dihentikan. Ia bahkan menjadi pemain dengan jumlah shots terbanyak dengan enam tendangan.

Fakta Portugal vs Belanda

  • Portugal adalah kesebelasan negara Eropa pertama yang menjadi tuan rumah dan menjuarai kompetisi tersebut. Sebelumnya, Prancis berhasil melakukannya di Piala Dunia 1998.
  • Belanda kalah di empat dari lima final mereka di turnamen internasional: tiga di Piala Dunia, dan sekali di Nations League.
  • Dalam enam pertemuan terakhir, Belanda tak pernah menang ketika menghadapi Portugal di Portugal. Mereka dua kali seri dan kalah empat kali.
  • Goncalo Guedes terlibat dalam lima gol dalam delapan penampilan terakhirnya buat Portugal. Ia mencetak tiga gol dan memberi dua asis.
  • Attemps pertama Belanda di pertandingan itu baru terjadi menit ke-65. Di sisi lain, Portugal sudah melepaskan 14 attemps.
  • Jasper Cillessen menjadi kiper kelima yang meraih jumlah 50 penampilan internasional buat Belanda setelah Edwin Van Der Sar (130), Hans Van Breukelen (73), Maarten Stekelenburg (58) dan Gejus Van Der Meulen (54).