OUR NETWORK

Mourinho, Tentang Tottenham Hotspur, Pemain Muda, dan Stadion Baru

Jose Mourinho resmi ditunjuk sebagai Pelatih Kepala Tottenham Hotspur. Tak berselang lama, ia mendapatkan sesi wawancara resminya untuk pertama kali buat situs resmi Spurs. Dalam wawancara tersebut, ia menjelaskan sejumlah hal, mulai dari gairahnya mengelola Spurs, hingga janjinya saat menangani klub London Utara tersebut.

Setelah diperkenalkan, Mourinho mengaku begitu bahagia bisa berada di Tottenham Hotspur. Ia pun kini tengah menanti tantangan yang menyambutnya di depan mata.

“Apa yang bisa aku janjikan? Gairah, gairah yang begitu nyata. Gairah atas pekerjaanku, juga gairah untuk klubku. Itulah caraku menjalani seluruh karierku dan aku ingin mencoba segalanya untuk membawa kebahagiaan bagi semua orang yang mencintai klub ini,” kata pelatih berkebangsaan Spanyol tersebut.

Mourinho wajar bahagia dan gembira. Melihat skuat Spurs saat ini, wajar kalau Mourinho gembira. Spurs punya skuat yang konsisten dengan kehadiran pemain senior dan pemain muda potensial. Belum lagi, Spurs punya akademi yang alumnusnya juga bisa diandalkan.

“Adalah suatu kehormatan ketika seorang manajer datang ke klub dan merasakan kebahagiaan soal skuat yang ia akan miliki,” ucap mantan pelatih Real Madrid dan Manchester United ini.

“Ini tidak terjadi sepanjang waktu. Sejujurnya, mayoritas saat kami pergi ke klub dan kami selalu berpikir ‘kami suka beberapa, aku tak cukup menyukainya’ dan Anda langsung berpikir tentang apa yang harus dilakukan untuk perubahan, apa yang harus dilakukan untuk membuat pendekatan antara gagasan Anda dan jenis pemain yang dimiliki.”

Mourinho merasa kalau ia tak merasakan hal itu saat tiba di Spurs. Ia justru bisa melihat potensi yang dimiliki skuat Spurs saat ini.

“Aku selalu mengatakan soal potensi klub, aku selalu bilang soal kualitas para pemain, aku selalu bicara soal pekerjaan hebat yang dilakukan klub untuk menjaga para pemain bagus yang kebanyakan klub besar di Eropa mencarinya.”

“Aku menyukai skuat ini. Jelas, aku tak akan menyebut nama. Aku tak akan mengatakan padamu pemain tertentu karena ini jelas menentang konsepku tentang bagaimana sebuah tim seharusnya, tapi aku amat menyukai kemampuan skuat ini.”

Mourinho pun bicara soal bagaimana ia memaksimalkan pemain muda yang dimiliki Spurs. Menurutnya, tidak ada satupun manajer di dunia yang tak suka memainkan pemain muda dan membantu mereka untuk berkembang. Masalahnya adalah terkadang klub tak punya sistem yang bisa memproduksi pemain bagus.

“Namun, ketika Anda memiliki mereka, para manajer akan selalu senang untuk mengembangkan pemain seperti itu, jadi aku melihat pada sejarah kami dan Anda bisa melihat kalau Akademi (Spurs) selalu memberikan talenta yang dibutuhkan pemain utama. Tentu saja, aku juga melihat ke depan untuk bekerja dengan orang-orang ini,” ucap pelatih yang dua kali menjuarai Liga Champions ini.

Mourinho pun memuji Spurs saat ia membela tim lain: “Untuk bermain menghadapi Tottenham di White Hart Lane selalu sulit, tapi indah, salah satu tempat yang biasanya aku datangi dengan gairah, tapi juga dengan rasa hormat.”

“Pemain bagus, gaya bermain yang bagus adalah sesuatu yang klub ini kembangkan dalam satu dekade terakhir, jadi benar, bahkan sebagai lawan, selalu ada rasa hormat yang besar antara aku dan Spurs. Aku bertemu dengan kalian di final cup, di semifinal, di pertandingan besar, dan untuk menjaga rasa hormat itu mungkin di balik pikiranku menyatakna kalau suatu hari aku akan menjadi salah satu dari kalian!”

Mourinho juga memuji fasilitas latihan dan stadion baru mereka kini. Ia menambahkan, “Aku pikir kalian terlalu rendah hati untuk bilang, ‘stadion yang indah’, terlalu rendah hati. Anda harusnya bilang ini adalah stadion terbaik di dunia. Itu kenyataannya.”

“Tempat pelatihan tidak ada duanya. Mungkin hanya bisa dibandingkan dengan beberapa tempat pelatihan American Football. Anda tidak dapat membandingkannya dengan sepakbola Eropa di tingkat mana pun, dan saya telah berada di sebagian besar tempat terbaik. Mustahil untuk membandingkan, sama dengan stadion. Itu adalah sesuatu yang membuat kita semua sangat bangga, tetapi bukan hanya itu, segalah hal di sini benar-benar luar biasa. ”

Sumber: Tottenham Hotspur.

Loading...