OUR NETWORK

Sociedad vs Barcelona: Duel Penentu Papan Atas La Liga

Pimpinan klasemen La Liga, Barcelona, akan tandang ke Stadion Anoeta untuk menghadapi tim peringkat kelima, Real Sociedad, pada Sabtu (14/12) esok. Barca datang dengan modal bagus setelah menang 5-2 atas RCD Mallorca pekan lalu. Sementara itu, Sociedad hanya bermain imbang tanpa gol atas Real Valladolid.

Barca kerap mengalami kesulitan jika bermain di Anoeta. Sociedad selalu memberikan perlawanan sengit pada Barca. Dalam enam pertandingan terakhir di Anoeta, Sociedad menang dua kali dan seri sekali. Sementara itu, di dua pertandingan terakhir di San Sebastian, Barca menang 2-1 dan 4-2.

Akhir pekan nanti, Barca berpeluang besar untuk melanjutkan tren positif. Kesebelasan asuhan Ernesto Valverde tersebut sempat terseok-seok di awal musim dengan kalah dari Athletic Bilbao, Granada, dan Levante. Namun, tren positif terlihat di tujuh pertandingan terakhir di semua kompetisi. Blaugrana menyapu bersih kemenangan termasuk 2-1 atas Inter dan 3-1 dari Borussia Dortmund di Liga Champions.

Menanjaknya Barca juga ditunjang dengan penampilan bagus kapten mereka, Lionel Messi. Di pekan ke-13, saat Barca menang 1-0 atas Atletico Madrid di Wanda Metropolitano, satu-satunya gol yang hadir berasal dari Messi. Pekan lalu, saat menang 5-2 dari Mallorca juga tak lepas dari peran pemain timnas Argentina ini. Di pertandingan tersebut, Messi mencetak hattrick!

Hattrick atas Mallorca membuatnya mencetak 12 gol dan lima asis di 10 pertandingan La Liga musim ini. Pemain lain seperti Marc Andre ter Stegen, Frenkie de Jong, serta Ansu Fati, memberikan pengaruh cukup besar buat Blaugrana.

Meskipun demikian, Barca tak semestinya kehilangan fokus. Pasalnya, Sociedad juga pernah memuncaki klasemen di awal November ini. Tim asuhan Imanol Alguacil juga mengandalkan sejumlah talenta muda. Salah satunya adalah pemain pinjaman dari Real Madrid, Martin Odegaard, yang akan berulang tahun ke-21 pada Selasa depan. Odegaard memegang peran penting di lini depan Sociedad dengan operan-operannya. Sociedad juga punya Mikel Oyarzabal, yang menjadi kapten klub di usia 23 tahun.

Hadir pula mantan pemain Arsenal, Nacho Monreal, di sisi pertahanan Sociedad. Bek berusia 33 tahun itu menularkan pengalaman serta ketenangannya untuk menjaga pertahanan Sociedad. Tentu, yang berperan amat penting bagi Sociedad adalah sang pelatih, Imanol Alguacil. Selain sebagai pelatih, sebelumnya ia juga pernah membela Sociedad sebagai pemain.

Sialnya, laga kandang Sociedad kerap tak menentu. Musim ini saja, Sociedad sempat menang 2-0 atas Atletico Madrid dan 4-1 atas Eibar. Namun, di pertandingan lain, mereka kalah 1-2 atas Getafe dan Levante.

Di sisi lain, kesebelasan asal Basque bukanlah sesuatu yang asing bagi Ernesto Valverde. Pasalnya, ia pernah membela Athletic Bilbao sebagai pelatih dan pemain. Pemain berusia 55 tahun ini sudah memenangi enam pertandingan terakhirnya melawan La Real, baik ketika menangani Bilbao ataupun Barcelona.

Barcelona kemungkinan besar bisa menurunkan kemampuan penuh di lini serang lewat trio Messi-Suarez-Griezmann. Pemain yang kemungkinan tak bisa diturunkan hanyalah Ousmane Dembele yang mengalami cedera.

Sementara itu, Sociedad tak bisa menurunkan Asier Illaramendi, Aritz Elustondo, serta David Zurutuza, yang cedera. Sementara itu, Robin Le Normand, tak bisa main karena hukuman kartu merah.

Fakta Sociedad vs Barcelona

  • Barcelona memenangi tujuh pertandingan terakhir atas Sociedad di semua kompetisi.
  • Ada lebih dari 2,5 gol tercipta dari tujuh pertandingan terakhir Barcelona.
  • Barcelona setidaknya mencetak dua gol di delapan dari 10 pertandingan terakhir La Liga.
  • Ada 2,5 gol yang dicetak di lima pertandingan dari enam pertandingan kandang La Liga.
  • Barcelona setidaknya mencetak dua gol dari lima dari enam pertandingan menghadapi Sociedad di semua kompetisi.
Loading...