OUR NETWORK

Pujian untuk Hattrick Raheem Sterling

Raheem Sterling berhasil mencetak hattrick kala Manchester City menjungkalkan West Ham United 5-0 pada Sabtu (10/8) pekan lalu. Sterling pun mendapatkan pujian dari sang manajer, Pep Guardiola.

“Aku tahu kualitas spesial pemain, konsistensinya, kemampuan fisik, dan finishing-nya. Untuk gol keduanya menghadapi West Ham, kontrolnya tak begitu bagus, tapi penyelesaian akhirnya bagus, gol ketiganya amat bagus.”

“Dia tengah menjalani hari pertamanya bermain sebagai striker, tapi buatku striker akan menjadi posisi yang luar biasa buatnya, tapi dia bisa bermain di tiga posisi di lini serang,” kata Pep.

Selain Pep, mantan striker timnas Inggris, Alan Shearer, juga memuji pemain berusia 24 tahun tersebut.

“Ketika dia berada dalam posisi yang bagus, Anda akan terkejut kalau dia tak mencetak gol. Dia begitu percaya diri dan punya banyak kepercayaan atas dirinya sendiri. Dia hampir tak bisa dikalahkan.”

“Catatannya di dua tahun terakhir amat luar biasa: 35 gol dan 32 asis di Premier League. Dan di enam tahun terakhir, dia bermain lebih dari 30 kali setiap tahun. Luar biasa. Pemain yang hebat,” kata Shearer.

Guardiola biasanya menganggap kalau yang terpenting di sepakbola adalah bagaimana seluruh pemain di dalam tim, bermain dengan baik. Ia pun menyebut kalau Sterling tidak dalam kondisi terbaik ketika rekan-rekannya juga tak tampil bagus di awal pertandingan.

“Di babak pertama kami bermain di tingkat kami bermain sebagai tim dan lalu di babak kedua, dia bermain di level tim bermain. Mereka adalah para pemain luar biasa nan berbakat, tapi mereka butuh kelompok. Ketika tim mulai maju dan membuat pergerakan, Sterling bermain lebih baik,” ucap Guardiola.

Sterling menjadi pemain kedelapan yang mencetak hattrick di pertandingan pembuka Premier League. Namun, ia menjadi yang pertama setelah Didier Drogba  terakhir kali melakukannya dalam kemenangan Chelsea 6-0 atas West Bromwich Albion pada awal musim 2010/2011.

Gol kedua Sterling dalam pertandingan itu pun menandai gol ke-50-nya di liga buat Manchester City. Ia pun menjadi pemain keenam yang bisa mencapai 50 gol untuk City setelah Sergio Aguero, Yaya Toure, Carlos Tevez, David Silva, dan Edin Dzeko.

Sejauh ini, Sterling sudah mencatatkan tiga kali hattrick di Premier League. Namun, capaiannya masih amat jauh kalau mau dibandingkan dengan pencetak hattrick terbanyak di Premier League, yang tak lain adalah kompatriotnya sendiri, Sergio Aguero, dengan 11 kali hattrick bersama dengan Alan Shearer.

Sterling sendiri merasa puas atas capaiannya tersebut. Namun, yang terpenting buatnya adalah kemenangan tim.

“Rasanya bagus tapi hal yang terpenting adalah bermain baik sebagai tim dan bisa memberikan kemenangan juga tiga poin. Itulah yang telah kami lakukan dan ini adalah cara yang hebat untuk mengawali musim.”

“Selalu enak bisa mencetak gol tapi di saat yang sama Anda juga ingin mengejar clean sheets sepanjang itu bisa dilakukan. Ini masih terlalu awal (soal sepatu emas). Ini adalah tentang menikmati sepakbola dan terus memenanginya, itu hal yang paling penting,” ucap Sterling.

Sumber: BBC.

Loading...