OUR NETWORK

Seri dari Southampton, Chelsea Butuh Striker Baru?

Chelsea hanya meraih hasil imbang tanpa gol atas Southampton pada Rabu (3/1) dini hari tadi. Padahal, The Blues menguasai 72 persen penguasaan bola. Namun, tak ada satu attemps pun yang bisa mereka lesakkan ke gawang Angus Gunn.

Gara-gara hasil ini pula, Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri, mengisyaratkan kalau mereka memerlukan striker baru. “Aku pikir kami bermain amat bagus di 80 meter lapangan. Lalu, kami mengalami masalah di 20 meter terakhir,” kata Sarri yang cuma memiliki Alvaro Morata di pos penyerang karena Olivier Giroud absen karena cedera.

“Kami mesti memecahkan masalah di akhir 15, 20 meter. Klub tahu betul soal opini saya. Aku pikir kami memerlukan sesuatu yang berbeda untuk karakteristik. Aku tak bertanggung jawab di bursa transfer. Aku mesti meningkatkan para pemain, tim ku, dan lini serang, atau lini serang yang lebih baik di akhir 20 meter.”

“Klub tahu posisiku, opiniku. Ini semua tergantung dewan klub,” tutur Sarri.

Sarri sendiri menolak peluang dipanggilnya kembali Michy Batshuayi yang dipinjamkan ke Borussia Dortmund, serta Tammy Abraham yang dipinjamkan ke Valencia dan Aston Villa.

Buat Southampton, hasil ini membuat mereka mencatatkan 11 clean sheets di Premier League. Namun, mereka masih berada di peringkat ke-18 di bawah Burnley setelah The Clarets menang 2-1 atas Huddersfield.

Cederanya Willian yang Bikin Pusing Chelsea

Sebelum pertandingan, Sarri menyatakan kalau Chelsea tengah dalam masalah. Soalnya mereka tengah mengalami masalah cedera padahal mereka mesti bermain setiap tiga hari pada Januari.

Masalah cedera ini kian runya setelah pada babak pertama, Willian mendapatkan tekel keras dari Maya Yoshida yang membuatnya tak bisa melanjutkan pertandingan. Posisinya pun digantikan Ruben Loftus-Cheek.

Cedera ini membuat Willian bergabung dengan para penyerang yang cedera lainnya seperti Giroud dengan cedera ankle, Pedro dan Callum Hudson-Odoi yang mengalami cedera hamstring.

Chelsea memang berhasil mendatangkan Christian Pulisic senilai 58 juta paun. Akan tetapi, ia baru bergabung pada awal musim mendatang karena langsung dipinjamkan ke klubnya, Borussia Dortmund, hingga akhir musim ini.

Penampilan melawan Southampton-lah yang membuat Sarri berpikir untuk memperkuat skuatnya. Pasalnya, Morata terbilang gagal untuk memberikan impresi di lini serang. Pemain berkebangsaan Spanyol ini bahkan gagal mencetak gol sepanjang tujuh pertandingan Premier League secara beruntun.

Menjauhkan dari Liverpool

Hasil seri tersebut membuat Chelsea berjarak 10 poin dengan pemuncak klasemen, Liverpool. Hasil ini tentu tak bagus apabila Chelsea masih berhasrat untuk meraih gelar juara musim ini.

Soal hasil seri ini, Sarri menyatakan bahwa sebenarnya The Blues punya empat sampai lima kesempatan mencetak gol. Namun, tak ada satupun yang berbuah gol.

“Kami tak memindahkan bola dengan amat baik dan kami mesti memperbaikinya. Kami bermain tanpa pemain penting macam Pedro, Willian setelah 30 menit, Callum Hudson-Odoi juga tak bermain. Di bangku cadangan, aku cuma punya satu pnyerang pada Loftus, dan dia tak begitu bagus saat ini karena punya masalah punggung,” jelas Sarri.

Sementara itu, Manajer Southampton, Ralph Hasenhuttl, menyatakan bahwa pertandingan melawan Chelsea menunjukkan kerja kerasnya di atas lapangan. “Para pemain amt berani, terkadang menekan tinggi, terkadang lebih dalam. Kami tak punya banyak peluang. Mereka punya kualitas yang fantastis dan bertahan dengan setiap serangan tidaklah mudah, tapi dengan mentalitas kami layak mendapatkan poin,” tutur Hasenhuttl.

Chelsea sendiri akan menghadapi kesebelasan Divisi Championship, Nottingham Forest, pada babak ketiga piala FA pada Sabtu, 5 Januari mendatang. Lalu, mereka akan tandang ke Wembley dengan menghadapi Tottenham Hotspur di leg pertama semifinal Piala Liga Inggris pada Selasa, 8 Januari. Chelsea kembali bertanding pada 12 Januari di liga dengan menghadapi Newcastle.