OUR NETWORK

Fernandinho dan Bagian Penting dari Taktik Manchester City

Manchester City mendatangkan Rodri untuk menjadi back up Fernandinho di musim ini. Namun, alih-alih menggantikan perannya, mereka justru semakin bergantung pada Fernandinho untuk kesekian kalinya. Padahal, The Citizen sudah rela menghabiskan 62,8 juta paun untuk merekrut Rodri pada musim panas kemarin dengan niat mengakhiri ketergantungan mereka pada Fernandinho.

Mungkin City memang perlu sedikit waktu lagi untuk melepas ketergantungannya tersebut. Dan setidaknya, sekarang mereka sudah memiliki pengganti jangka panjang untuk pemain asal Brasil yang brilian itu, dan berusaha meringankan bebannya di pos lini tengah. Mengingat setahun yang lalu, setelah kehilangan Jorginho yang pergi ke Chelsea pada musim panas 2018, Pep Guardiola merasa resah ketika ia harus terus memainkan Fernandinho sebagai lini tengah defensif City di setiap pekannya.

Kendati begitu, di musim ini situasinya berbeda karena Pep sudah memiliki sedikit alternatif. Penambahan Rodri dinilai akan meringankan beban kerja Fernandinho. Secara teori, kegagalan City dalam mendatangkan pemain pengganti untuk Vincent Kompany bisa memungkinkan Fernandinho mengisi dua peran dalam skuat City, dan tidak menuntut kemungkinan ia akan menjadi opsi keempat bek tengah The Citizen. Maka, Rodri setidaknya akan berperan menggantikannya di pos gelandang bertahan.

Namun kenyataannya, sejak enam minggu memasuki musim 2019/2020 ini, City malah kembali mengandalkan mantan gelandang Shakhtar Donetsk tersebut. Bahkan kali ini, ia sepertinya akan mulai berperan sebagai pengganti darurat bagi Aymeric Laporte dan John Stones yang sedang cedera. Kendati begitu, Fernandinho tetap menunjukkan bahwa dirinya masih bisa diandalkan oleh rekan setimnya, meski harus bermain di luar posisi aslinya. Oleh karena itu, rekannya Bernardo Silva, menanggapi hal tersebut dengan mengatakan bahwa ia percaya Fernandinho memiliki kelebihan dalam melakukan transisi posisi.

“Saya pernah melihat di musim lalu ketika dia mampu bermain di posisi itu (bek tengah). Dia sangat cerdas, dan ketika Anda memahami permainannya, maka Anda akan tahu secerdas apakah dia. Transisi posisi itu mudah baginya. Jelas bahwa semua ini bukan situasi yang ideal untuknya, tapi karena sekarang klub sedang tidak memiliki banyak bek tengah, jadi hanya itulah opsi yang klub ini miliki, dan klub ini tidak mengeluh sama sekali,” tutur Bernardo Silva dikutip dari The Guardian.

“Tapi… Sangat penting untuk mencari pemain pelapis untuk orang sepertinya. Tentu saja, di Premier League sekarang kami tertinggal lima poin, dan kami harus berbuat lebih baik lagi dengan mencoba sedikit memperkecil jarak. Bahkan kami sudah mulai bermain di Liga Champions. Maka sangat logis untuk mencari pemain yang bisa menggantikan dia, meski penggantinya masih pemain muda.”

Dengan Laporte yang akan absen hingga tahun baru mendatang, dan Stones yang akan absen selama lima atau enam minggu ke depan, Nicolas Otamendi dan Fernandinho adalah satu-satunya opsi duet efektif untuk mengisi pos bek tengah tim asuhan Pep Guardiola. Meskipun sebenarnya, Pep bisa saja memindahkan Kyle Walker ke posisi tersebut, akan tetapi, keoptimalan permainan bek sayap City akan tampak berkurang.

Yang jelas, peran Fernandinho di Manchester City masih begitu krusial sampai musim ini. Maka wajar, mengapa di musim lalu ia memulai 21 pertandingan awal secara penuh di Premier League dan Liga Champions untuk City. Ia seperti seorang pemain yang tidak mungkin diberikan waktu istirahat. Menyikapi hal ini, Ilkay Gundogan pun mengatakan bahwa Fernandinho memang menjadi bagian paling penting dari skema City, dan itu semua akan berjalan baik tergantung dengan bentuk kebugarannya.

“Dia (Ferbnandinho) selalu menjadi bagian penting di tim ini. Sangat krusial bahwa dia harus bermain sekarang, atau mungkin semua pertandingan di musim ini. Semuanya akan berjalan baik tergantung dengan kebugarannya. Jadi, jika dia mampu mengemban tugas berat itu, dia akan berkontribusi besar untuk tim ini. Sejauh yang saya tahu, dia benar-benar pemain paling vital,“ pungkas Ilkay Gundogan.

“Kami hanya memiliki dua pemain belakang saat ini, karena Aymer dan John sedang cedera. Mungkin, setelah kembali dari jeda internasional kedua, Stones bisa lebih dahulu kembali ke tim ini. Semoga saja, di pertandingan berikutnya semua akan berjalan baik, dan dia (Fernandinho) bisa memainkan peran barunya (sebagai bek). Anda tahu, dia dituntut untuk selalu tetap stabil di barisan belakang, dan menyokong pemain lain untuk bisa mencetak gol. Tugasnya berat sekali.”

Loading...