OUR NETWORK

Bursa Transfer 2020, Pandemi Virus Corona, dan Pemain Bebas Transfer

Sepakbola di seluruh dunia telah dihentikan akibat pandemi virus corona. Akan tetapi hal itu tampaknnya tidak menghentikan klub-klub Eropa dari rencana persiapan mereka untuk musim depan. Termasuk salah satunya adalah rencana menyusun strategi di bursa transfer musim panas.

Musim panas lalu, kepindahan pemain asal Portugal Joao Felix seharga 114 juta paun dari Benfica ke Atletico Madrid adalah satu transfer dengan nilai terbesar. Setiap klub-klub Eropa pun bahkan jor-joran mengeluarkan aset keuangannya demi mendapat pemain yang mereka incar.

Namun dengan dampak krisis dari Covid-19 yang sedang berlangsung, sepertinya akan menjadikan pemain bebas transfer mungkin lebih banyak diprioritaskan. Ketidakpastian kapan berhentinya pandemi virus yang melanda muka bumi ini juga rasanya akan membuat setiap klub Eropa tidak mengeluarkan aset keuangannya untuk sementara.

“Klub-klub di Eropa saat ini telah berusaha membangun beberapa kontak dan scouting, untuk melihat apakah mereka bisa menemukan para pemain tertarik. Namun saya pikir kali ini mereka akan menjadikan jendela transfer untuk mencari pemain gratis, dan tampaknya itu akan diprioritaskan,” ujar pundit sepakbola Kristof Terreur di Euro Leagues Show.

Pundit BBC, Guillem Balague, kemudian menambahkan jika Ed Woodward sangat benar dengan pernyataan terakhirnya di media. Karena menurut CEO Manchester United itu tidak akan ada transfer besar-besaran yang akan terjadi di bursa transfer musim panas ini. Itu semua dikarenakan semua klub sedang mengalami krisis yang besar.

“Ketika Anda mendengar Ed Woodward mengatakan dalam sebuah pertemuan bahwa tidak ada transfer besar-besaran, itu memang benar adanya. Itu berarti tidak banyak yang akan terjadi. Mungkin sekarang ada pembicaraan tentang Paul Pogba dan Neymar ke Real Madrid. Sudahlah, lupakan transfer besar itu. Karena itu tidak akan terjadi,” tutur Guillem Balague.

Pemain-pemain Belgia dengan “tren” habis kontrak

Bek Belgia Jan Vertonghen telah membuat lebih dari 300 penampilan untuk Tottenham sejak bergabung dari Ajax pada 2012. Tapi sayangnya kontrak pemain berusia 33 tahun itu akan berakhir pada musim panas. Kemudian rekan senegaranya, Thomas Meunier, juga menjadi pemain lain yang kesepakatan kontraknya akan berakhir di Paris Saint-Germain musim ini.

“Kontrak Meunier habis dengan PSG di akhir musim, dan dia telah didekati oleh Jose Mourinho yang dikabarkan melakukan panggilan telepon kepadanya. Para pemain bebas transfer itu akan banyak diminati. Bahkan Vertonghen mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa ketika kontraknya habis, dia merasa sudah tidak perlu tinggal di Spurs,” tandas Terreur dikutip dari BBC Sports.

“Penyataan Vertonghen itu adalah isyarat yang dia berikan dan dia ingin belajar bahasa baru. Jadi Anda tahu, dia sedang berpikir untuk pindah ke Italia atau ke Spanyol. Mereka semua mulai mencari peluang bermain bersama klub-klub baru. Para pemain yang kontraknya habis benar-benar sangat diminati.”

Masalah transfer yang melanda Barcelona dan Real Madrid

Barcelona telah banyak dikaitkan dengan striker Argentina berusia 22 tahun milik Inter Milan, Lautaro Martinez. Ia memiliki klausul pelepasan sebesar 97 juta paun dalam kontraknya. Lalu rival mereka di La Liga, Real Madrid, juga dikaitkan dengan kepindahan Pogba dan Neymar.

Tetapi tampaknya, aktivitas transfer untuk kedua raksasa tersebut tidak akan seheboh musim-musim sebelumnya. Karena menurut Guillem Balague, di musim panas nanti, kemungkinan besar Barca dan Madrid akan jauh lebih tenang dalam menyikapi persoalan bursa transfer. Satu-satunya alasan yang dapat menjelaskan hal itu adalah akibat mereka sedang kehabisan uang.

“Akan ada kesepakatan pinjaman dan banyak kesepakatan pertukaran yang akan dilakukan Barcelona dan Real Madrid. Ya walaupun itupun akan sangat sulit bagi mereka. Pasalnya baik Barca dan Madrid, masing-masing telah kehilangan sekitar 120 juta euro karena mereka tidak akan dapat membuka stadion yang sedang ditutup –mungkin– sampai musim depan,” ungkap Balague.

“Selain itu ada tuntutan bahwa mereka harus menambahkan pasokan uang ke bar, merchandising dan fasilitas VIP. Barcelona telah mendapat persetujuan dengan Lautaro Martinez dari Inter Milan. Tapi sekarang masalahnya bagaimana Anda meyakinka klub pemiliknya? Inter akan senang membiarkannya pergi jika mereka mendapatkan pemain yang tepat.”

“Jadi mungkin Ivan Rakitic, Arthur, Nelson Semedo, atau Samuel Umtiti akan dengan senang hati dilepas juga oleh Barca –sebagai alat tukar. Lalu ada rumor aneh lain tentang Cristiano Ronaldo yang akan pergi ke Manchester United atau Real Madrid. Itu adalah adalah murni fantasi orang-orang aneh. Karena pada faktanya mereka tidak akan mendatangkan siapa pun.”

Loading...