OUR NETWORK

Dayot Upamecano, Target Penting Arsenal Musim Depan

Seperti dilansir L’Equipe, Arsenal sedang fokus memantau situasi Dayot Upamecano dan bisa kembali ke pasar untuknya musim panas mendatang. Bek tengah Prancis, yang dibuntuti oleh The Gunners di jendela transfer sebelumnya, akan melihat klausa rilis dalam kontrak RB Leipzig turun menjadi 53 juta paun tahun depan.

Upamecano adalah pemain yang menjadi incaran klub-klub besar Eropa sejak berseragam Red Bull Salzburg. Tapi, peralihannya ke sepakbola klub tingkat atas Jerman yang membuatnya semakin dikagumi. Hanya saja perkembangan karirnya dirusak oleh cedera lutut yang telah membatasinya dengan hanya 6 penampilan sepanjang tahun 2019.

Namun demikian, Upamecano tetap menjadi bek tengah yang dianggap sangat potensial dengan usianya yang masih berusia 20 tahun sekaligus masih memiliki tahun-tahun terbaik di depannya. Pada saat yang sama, fakta bahwa ia telah menunjukkan jiwa kepemimpinan meskipun usianya masih sangat muda akan membuatnya disenangi banyak klub, dan salah satu tim yang sangat meminatinya adalah Arsenal, yang memantau sejak lama.

Faktanya, The Gunners sangat menyukai apa yang ditampilkan Upamecano musim panas yang lalu, ketika mereka berusaha untuk meningkatkan lini pertahanan setelah kepergian Laurent Koscielny. Tapi setelah melihat dua tawaran yang ditolak oleh RB Leipzig, Arsenal mengalihkan perhatian mereka kepada David Luiz yang direkrut jelang ditutupnya bursa transfer di Inggris dari Chelsea.

Bagaimanapun Luiz masih belum cukup konsisten untuk memperkuat pertahanan sisi London Utara. Dengan Sokratis juga mengalami penurunan, Arsenal tampaknya berada dalam kesulitan menyangkut pertahanan, mengingat opsi cadangan seperti Shkodran Mustafi, Rob Holding, Konstantinos Mavropanos dan Calum Chambers tidak menjadi jaminan atau memiliki masalah cedera.

Dalam skenario seperti itu, hampir tidak akan menjadi langkah buruk bagi Arsenal untuk mengalihkan perhatian mereka kembali ke Upamecano atas kemungkinan pindah musim panas mendatang. Meskipun William Saliba akan memulai perjalanannya bersama Arsenal musim depan, kurangnya kualitas berarti Arsenal dapat melakukan hal itu dengan seseorang seperti Upamecano juga.

Klub berjuluk The Gunners sekarang siap untuk memberikan dukungan besar dalam mengejar mereka yang berusia 20 tahun, dengan media berbasis Prancis L’Equipe mengklaim bahwa klausul pembeliannya dapat dipotong menjadi 53 juta paun setelah akhir musim ini, yang akan menjadi penurunan tajam pada penilaian RB Leipzig musim panas lalu.

Yang jelas Upamecano tidak boleh menandatangani kesepakatan baru saat jendela transfer musim panas mendatang terbuka. Dalam skenario seperti itu, Arsenal akan menunggu dengan laporan menunjukkan bahwa Leipzig sedang mengerjakan kontrak baru untuk bek Prancis tersebut, yang akan menghilangkan klausul rilisnya.

Sekarang masih harus dilihat apakah Arsenal mampu membuat pendekatan baru untuk Upamecano musim panas mendatang, yang bergantung pada valuasinya yang turun dari 53 juta paun. Setiap langkah kemungkinan akan tergantung pada apakah RB Leipzig mampu mengikat bek berkebangsaan Prancis itu ke kesepakatan baru sebelum jendela transfer musim panas mendatang terbuka, yang artinya juga, jika ada kesepakatan baru terjadi, bukan tidak mungkin harga yang ditetapkan pada klausul rilis lebih tinggi dari sebelumnya.

Tetapi jika tidak ada kesepakatan baru, apakah itu menjadi jaminan bagi Arsenal mendapatkan jasanya? tampaknya akan sulit jika ada klub top yang lebih konsisten bermain di Liga Champions.

Perjalanan karir Upamecano sebelum gabung ke Leipzig

Upamecano adalah produk dari tim junior Valenciennes FC dan setelah menarik perhatian sejumlah klub besar Eropa, termasuk Manchester United, ia bergabung dengan Red Bull Salzburg pada Juli 2015 dengan biaya yang dilaporkan 2,2 juta euro.

Dia adalah pemain pengganti yang tidak digunakan dalam pertandingan Liga Champions ketika Leipzig melawan Malmö FF pada 29 Juli 2015. Dia melakukan debut profesionalnya untuk tim pengembangan Red Bull, FC Liefering, dua hari kemudian dalam kemenangan 2-1 melawan St. Pölten di liga.

Pada 13 Januari 2017, Upamecano bergabung dengan RB Leipzig dengan kontrak empat setengah tahun senilai  10 juta euro. Pada 2 Juli 2018, ia terpilih untuk penghargaan Golden Boy 2018.

Upamecano lahir di Prancis dan merupakan keturunan Bissau-Guinea. Upamecano bermain untuk tim Prancis U-16 yang berada di urutan ketiga dalam Piala Aegean 2014.

Dia bermain di tiga dari empat pertandingan untuk negaranya dan dinobatkan sebagai bek terbaik dalam kompetisi. Dia kemudian naik ke skuad Prancis U-17, melakukan debutnya di kualifikasi Euro melawan Siprus pada 27 Oktober 2014.

Prancis memenangkan Euro U-17 2015, dengan Upamecano bermain di semua pertandingan. Dia melakukan debutnya untuk Prancis U-18 dalam pertandingan persahabatan 0-0 melawan Amerika Serikat U-18 pada 4 September 2015.

Loading...