Foto: Futbol Todo

Setelah empat tahun, Borussia Monchengladbach akhirnya siap melepas Thorgan Hazard. Hal ini dikonfirmasi oleh Direktur Olahraga Monchengladbach, Max Elbert. “Kami telah beri sinyal kepada Hazard bahwa jasanya ingin dipertahankan klub. Namun, sinyal tersebut tak dibalas oleh Hazard,” kata Elbert.

“Ia kini telah datang menemui kami dan mengatakan bahwa dirinya ingin hengkang dari klub. Ingin melanjutkan kariernya ke jenjang yang lebih tinggi lagi,” lanjutnya. Beberapa kesebelasan disebut menginginkan jasa Hazard. Atletico Madrid, Liverpool, Chelsea, dan Borussia Dortmund menjadi pelari terdepan untuk jasa Hazard.

Semua kesebelasan di atas juga memiliki kepentingan terhadap Hazard. Atletico Madrid dirumorkan akan kehilangan Antoine Griezmann. Liverpool akan kehilangan Sadio Mane. Chelsea akan kehilangan Eden Hazard. Sementara Borussia Dortmund akan kehilangan Christian Pulisic.

Pulisic sudah dipastikan pindah ke Chelsea sejak Januari 2019. Hal ini membuat Dortmund unggul dibandingkan kesebelasan lain yang menginginkan Hazard. Pasalnya, sayap kiri BVB sudah dipastikan kosong. Berbeda dengan kesebelasan-kesebelasan lain yang masih rumor.

Kepindahan Pulisic ke Chelsea juga membuat the Blues jadi nama terakhir yang bisa mendaratkan jasa Hazard. “Saya rasa kita sudah menyerah mendatangkan Thorgan. Sementara suporter Dortmund sangat senang melihat prospek Thorgan menggantikan Pulisic,” kata seorang suporter Chelsea.

Bukan hanya karena posisi Thorgan Hazard sama dengan Pulisic. Namun juga karena memori pendukung the Blues bersama kakaknya, Eden. Saat memutuskan hengkang dari Chelsea ke Monchengladbach pada 2015, Thorgan mengaku kehadiran Eden merupakan faktor utamanya.

“Sangat sulit untuk memiliki karier di Chelsea ketika Anda dikenal sebagai adik Eden. Saya ingin membuat karier saya sendiri,” aku Thorgan.

Faktor Keluarga Kuatkan Dortmund

Dortmund diunggulkan karena Thorgan Hazard sudah merasa Jerman sebagai rumah kedua dan ia mengaku tak bisa hidup tanpa kehadiran keluarga dekatnya. “Kehadiran saya sangat membantu. Ia meyakinkan saya untuk tidak khawatir pada kedua anak saya. Meminta saya untuk bersenang-senang dan fokus ke Monchengladbach,” aku Hazard.

Namun Max Elbert tidak akan membiarkan Hazard pergi dengan harga murah. Kabarnya ia dipatok dengan harga 40 hingga 45 juta euro. “Saya membutuhkan uang dari kesepakatan ini. Dirinya adalah pemain hebat dan penting bagi klub ataupun negara,” jelas Elbert. “Jika pada akhirnya kesepakatan tersebut tidak bisa dicapai, kami juga masih bisa menahannya di sini,” lanjutnya.

Hazard juga sadar akan hal itu. Mengaku tidak masalah jika harus bertahan. “Jika pada akhirnya bertahan dengan Monchengladbach adalah yang terbaik, saya akan tetap di sini,” kata Hazard.

Borussia Dortmund dan Monchengladbach memiliki hubungan baik soal transfer. Marco Reus dan Mahmoud Dahdoud bukanlah pembelian gagal di Signal Iduna Park. Hazard bisa melanjutkan tradisi tersebut. Apalagi nakhoda BVB saat ini adalah Lucien Favre.

Favre merupakan nakhoda pertamanya ketika mendarat di Monchengladbach. Bersama Favre, Hazard 48 kali membela Monchengladbach, mencetak enam gol dan arsiteki 11 lainnya. Namun itu juga bukan penampilan terbaiknya di Monchengladbach. Dieter Hecking lebih bisa memaksimalkan talenta Hazard, sampai terlibat dalam 51 gol dalam 79 laga.

Lagipula, Dortmund bukanlah ‘level selanjutnya’ bagi Hazard. Dirinya mungkin belum pernah mengangkat gelar juara 1.Bundesliga. Namun, Dortmund juga bukan penguasa Jerman. Selalu menjadi pesaing terdekat Bayern, namun hanya sesekali menjuarai liga. Jika pada akhirnya hanya tiket Liga Champions, Hazard juga pernah merasakannya di Monchengladbach.

Menghapus Bayangan Eden Bersama Liverpool

Foto: Sportime

Berbeda dengan Liverpool. The Reds bisa disebut sebagai ‘level berikutnya’ untuk Hazard. Ia pernah tertutup sinar Sang Kakak di Premier League. Kembali ke Premier League dan membela Liverpool yang memiliki nasib lebih baik ketimbang Chelsea dalam dua musim terakhir bisa jadi panggung pembuktiannya.

Pos sayap kiri Liverpool juga terancam kosong setelah Zinedine Zidane kembali ke Real Madrid. Musim panas 2018, Jurgen Klopp hampir kehilangan Mane ke Real Madrid setelah final Liga Champions 2017/18. Namun karena Zidane pergi dari Santiago Bernabeu, Mane batal hengkang. Zidane kembali, Mane kemungkinan besar akan ke Real Madrid.

Menggantikan Mane di Liverpool, bermain bersama Mohamed Salah dan Roberto Firmino, mempertahankan kekuatan trisula maut the Reds, Hazard bisa lebih besar ketimbang Sang Kakak di Inggris. Apalagi Liverpool telah kembali jadi kekuatan di Inggris ataupun Eropa.

Bila Hazard memang ingin naik ke level berikutnya, Liverpool adalah opsi terbaiknya. Bukan Dortmund. Bukan juga Atletico Madrid. Tapi itu semua tergantung Mane. Jika penyerang Senegal itu tidak pindah dari Anfield, mungkin bertahan di Monchengladbach merupakan pilihan terbaik.

Sejauh ini, meski Liverpool dikaitkan dengan berbagai pemain yang memiliki posisi serupa dengan Mane, kepergian mantan penyerang Red Bull Salzburg itu ke Real Madrid masih diragukan. “Apakah Mane menjadi pemain incaran Real Madrid saat ini? Tidak,” ungkap pengamat sepakbola Spanyol,¬†Guillem Balague.