OUR NETWORK

Pentingnya Transfer Neymar untuk Messi dan Barcelona

Lionel Messi menyatakan kalau dirinya senang apabila Neymar kembali ke Barcelona. Pasalnya, kehadiran Neymar akan meningkatkan peluang Barca untuk mencapai tujuan mereka.

“Dia begitu ingin untuk kembali. Aku tak tahu apakah klub benar-benar mencoba (untuk memulangkannya) atau tidak,” tutur Messi kepada koran Spanyol, Sport.

Neymar sendiri ditransfer Paris Saint-Germain pada 2017 dengan memecahkan rekor transfer dunia senilai 200 juta paun. Semasa di Barcelona, Neymar mencetak 105 gol dari 186 pertandingan dalam periode 2013-2017. Sementara di PSG, rataan gol Neymar melonjak drastis dengan mencetak 51 gol dari 59 pertandingan.

Sepanjang musim panas ini, Neymar erat dikaitkan dengan transfernya kembali ke Barcelona. Namun, transfer tak kunjung terjadi. Konon kabarnya kedua kesebelasan memang tak berniat untuk melakukan kegiatan jual beli.

Baca juga: Rumitnya Alasan Mengapa Musim Ini Neymar Tak Pindah ke Barcelona

“Aku akan senang kalau Neymar ada di belakangku. Aku mengerti banyak orang yang menentang kembalinya Neymar, dan itu bisa dimengerti atas apa yang terjadi pada ‘Ney’ dan caranya pergi,” ucap Messi.

“Namun, kalau berpikir soal Neymar dalam hal sepakbola, aku pribadi merasa kalau Neymar adalah salah satu pemain terbaik di dunia. Dan memilikinya di skuat kami akan meningkatkan peluang kami meraih tujuan.”

Messi pun menyangkal kalau para pemain meminta klub untuk mendatangkan Neymar. Pemain timnas Argentina ini menyebut kalau para pemain hanya diminta opininya apakah mendatangkan Neymar akan menguntungkan buat klub.

“Kami tak pernah bilang kalau klub harus mendatangkannya,” kata Messi.

“Tentu saja kami bicara soal apa yang kami dengar kalau Neymar akan tiba. Kami memberikan opini kami apakah akan bagus kalau dia datang atau tidak, tapi kami tak pernah bilang kalau klub harus mendatangkannya. Kami memberikan opini dengan cara yang sama saat kami melakukannya pada Griezmann dan pemain lain yang tiba.”

Meski Neymar tak jadi didatangkan, tapi Messi tak kecewa. Ia menambahkan kalau rekan setimnya punya kualitas yang spektakuler dan bisa meraih segalanya meski tanpa Neymar.

“Pada akhirnya, transfer itu tak terjadi dan kami harus berpikir dengan skuat yang kami miliki dan fokus pada tujuan-tujuan kami. Aku senang kalau dia kembali taku aku pikir kami memiliki skuat yang spektakuler dan bisa meraih segalanya tanpa Neymar. Jadi, tidak, aku tak kecewa. Aku hanya senang bisa bermain bersamanya lagi, itu saja.”

Saat ditanya apakah Barca melakukan segalanya untuk mendatangkan Neymar, Messi hanya menggeleng. Ia mengaku tak tahu karena tak mendapatkan banyak informasi di bursa transfer. Ia tak tahu bagaimana negosiasi berjalan sehingga tak bisa menjawab apakah Barca sudah mengerahkan segalanya untuk mendatangkan Neymar.

“Aku tak tahu apa yang terjadi dengan dewan klub. Aku tahu kalau aku bicara dengan Ney dan dia bilang padaku soal proses yang terjadi. Dia begitu ingin kembali. Aku tak tahu apakah klub benar-benar mencoba mendatangkannya atau tidak.”

“Dari yang aku tahu, Neymar berharap kalau transfer itu terjadi. Aku juga mengerti amat sulit untuk bernegosiasi dengan PSG setelah masalah mereka yang maju mundur dengan Barcelona. Tambah sulit lagi karena Neymar adalah salah satu yang terbaik. Negosiasi transfer tak pernah mudah. Aku tak bisa memberikan opini karena aku tak tahu segalanya. Aku hanya tahu yang diterbitkan (ke publik) dan apa yang mereka katakan,” kata pemain kelahiran 24 Juni 1987 ini.

Messi punya harapan besar bahwa Neymar akan kembali. Pasalnya, selain dalam faktor sepakbola, Neymar juga akan membantu Barcelona dalam hal lain. Sebagai contoh, kehadiran Neymar akan kian meningkatkan imej klub. Neymar pun akan memudahkan Barca dalam hal marketing dan mendapatkan sponsor.

Messi selalu menjaga kontak dengan Neymar sepanjang bursa transfer. Ia pun tahu kalau Neymar begitu ingin pergi dan pindah ke Barcelona. Akan tetapi, Messi pun tak yakin sepenuhnya mengingat pergerakan di bursa transfer begitu cepat. Berbagai hal datang dan pergi setiap hari sehingga ia pun tak tahu bagaimana status dari negosiasi transfer itu.

Messi sendiri sudah bergabung dengan Barca sejak 2001. Kontraknya akan berakhir pada Juni 2021 mendatang.

“Gagasanku adalah tetap tinggal di sini sepanjang aku bisa bermain di level yang dibutuhkan dan tubuhku mengizinkannya. Ini adalah rumahku. Aku tak berencana untuk pindah ke tempat lain sepanjang kami terus bersaing dan meraih kemenangan,” tutur Messi.

Loading...