OUR NETWORK

Rekap Transfer Premier League 2017/2018 (1)

Bursa transfer klub-klub Premier League resmi rampung pada 31 Agustus lalu. Transaksi dari 20 kesebelasan diketahui mencapai 1,62 miliar pound dan menjadi rekor yang tertinggi dalam enam musim terakhir. Bahkan 210 juta paun terjadi pada Deadline Day alias hari terakhir bursa transfer. Berikut transaksi-transaksi yang dilakukan 20 klub Premier League selama musim panas.

AFC Bournemouth

Musim ini, The Cherries mendatangkan tiga pemain, salah satunya adalah menjadikan Nathan Ake sebagai rekrutan termahal sejarah klub. Musim lalu pemain Belanda tersebut hanya dipinjam selama setengah musim. Selain itu mereka juga mendatangkan Asmir Begovic dari Chelsea dan Jermain Defoe dari Sunderland. Meski mengeluarkan uang, namun Bournemouth tidak mendapatkan pemasukan mengingat pemain yang keluar dilepas secara gratis.

Arsenal

Meriam London hanya mengeluarkan 46,5 juta paun untuk seorang Alexandre Lacazette dari Lyon. Satu rekrutan lain didapat dengan gratis dalam diri Sead Kolasinac. Akan tetapi hingga akhir Agustus, Arsenal tidak menambah pemain lain meski dirumorkan akan merekrut Riyad Mahrez. Mereka bahkan kehilangan Kieran Gibbs dan Alex Oxlade Chamberlain pada hari terakhir bursa. Beruntung mereka tidak kehilangan Alexis Sanchez.

Brighton and Hove Albion

Hingga hari terakhir bursa, klub promosi ini masih terkesan adem ayem dalam merekrut nama besar. Namun pada 31 Agustus, The Seagulls merekrut Ezequiel Schelotto dan mantan kiper Newcastle United, Tim Krul. Kedatangan kedua pemain sangat membantu lini pertahanan mereka yang terlihat rapuh. Sayangnya mereka tidak menambah pemain di sektor depan.

Burnley

Transfer Burnley musim ini terlihat sebagai pelengkap dari apa yang sudah dilakukan musim lalu. Kehilangan Andre Gray bisa ditutupi dengan kehadiran Chris Wood yang musim lalu merupakan top skor Championship Division. Selain itu mereka kedatangan tiga pemain berpengalaman macam Jonathan Walters, Jack Cork dan Phil Bardsley. Akan tetapi mereka harus kehilangan salah satu pemain terbaik mereka, Michael Keane, yang dibeli mahal oleh Everton.

Chelsea

Dari enam pemain yang didatangkan The Blues, baru Alvaro Morata yang sudah mulai nyetel dengan skema Conte. Sementara Tiemoue Bakayoko dan Antonio Rudiger belum menunjukkan permainan terbaiknya.

Mereka juga melepas banyak pemain di antaranya Nemanja Matic ke Manchester United dan Juan Cuadrado yang dipermanenkan Juventus. Di akhir bursa, secara mengejutkan Chelsea mengeluarkan 58 juta pounds untuk Davide Zappacosta dari Torino dan dinamo Leicester City, Danny Drinkwater.

Crystal Palace

Klub asuhan Frank De Boer ini hanya mengeluarkan 26 juta pounds untuk mempermanenkan Mamadou Sakho dari Liverpool. Selain itu Si Elang memperkuat lini belakang dengan mendatangkan Jairo Riedewald dan meminjam Timothy Fosu Mensah. Lini tengah mereka menjadi lebih berbahaya dengan kedatangan Ruben Loftus Cheek yang dipinjam dari Chelsea.

Everton

Dana 142,38 juta pounds dikeluarkan oleh tim yang musim lalu finis di posisi tujuh tersebut dimana 40  juta diantaranya untuk merekrut Gylfi Sigurdsson. Selain itu mereka membeli Jordan Pickford, Sandro Ramirez, Davy Klaasen, Cuco Martina dan Michael Keane.

Mereka juga berhasil memulangkan Wayne Rooney dari Manchester United sebagai pengganti Romelu Lukaku. Mereka juga melepas Gareth Barry ke WBA. Pada hari terakhir bursa mereka menambah dua pemain muda yaitu Denis Adeniran dan Nikola Vlasic.

Huddersfield Town

Seakan belum puas dengan nama-nama yang direkrut macam Jonas Lossl, Steve Mounie, Aaron Mooy, dan Elias Kachunga, Huddersfield menambah dua nama lain jelang akhir bursa. Mereka merekrut Abdelhamid Sabiri dari Nuernberg. Selain itu mereka merekrut penjaga gawang berpengalaman Robert Green dengan status bebas transfer.

Leicester City

Juara Premier League dua musim lalu ini merekrut nama-nama yang sudah memiliki jam terbang di Premier League macam Harry Maguire, Eldin Jakupovic, dan Kelechi Iheanacho. Vicente Iborra didatangkan dari Sevilla sebagai pengganti Danny Drinkwater. Di akhir bursa mereka merekrut bek tengah Bayer Leverkusen, Aleksandr Dragovic dan meminjam Nampalys Mendy ke klub lamanya, Nice.

Liverpool

Lini depan Liverpool menjadi lebih kuat dengan kedatangan Mohammed Salah dari AS Roma. Mereka juga mendatangkan pemain muda yang bertalenta macam Dominic Solanke dan Andrew Robertson. Pada akhir bursa transfer, secara mengejutkan mereka merekrut Alex Oxlaide Chamberlain. Lini tengah mereka semakin kuat mengingat Philipe Coutinho bertahan di Anfield.

(Ajie Rahmansyah)

Loading...