OUR NETWORK

Rekap Transfer Premier League 2017/2018 (2)

Bursa transfer klub-klub Premier League resmi rampung pada 31 Agustus lalu. Transaksi dari 20 kesebelasan diketahui mencapai 1,62 miliar pound dan menjadi rekor yang tertinggi dalam enam musim terakhir. Bahkan 210 juta pound terjadi pada Deadline Day alias hari terakhir bursa transfer. Berikut transaksi-transaksi yang dilakukan 20 klub Premier League selama musim panas.

Manchester City

Si Biru dari Manchester menjadi tim terboros dibandingkan peserta Premier League lain. Dana nyaris 200 juta pounds dikeluarkan untuk membeli lima pemain di mana tiga diantaranya difokuskan untuk pemain belakang.

Meski demikian, transaksi mereka cukup efektif mengingat juara liga pada 2014 ini membuang beberapa pemain yang sudah tidak terpakai macam Samir Nasri, Wilfried Bony, dan Nolito. Sayang mereka tidak bisa mendatangkan Alexis Sanchez yang diisukan akan merapat ke Etihad Stadium.

Manchester United

United sepertinya sudah menyelesaikan transfernya ketika berhasil mendatangkan Victor Lindelof, Romelu Lukaku, dan Nemanja Matic, pada bulan Juli. Beberapa pemain baru sudah menunjukkan adaptasinya dengan baik kecuali Lindelof yang belum turun di partai liga.

Kekuatan Iblis Merah bertambah ketika mereka mengontrak kembali Zlatan Ibrahimovic. Akan tetapi, mereka harus mengucapkan selamat tinggal kepada sang legenda Wayne Rooney yang kembali ke Everton.

Newcastle United

The Magpies berhasil mempermanenkan Christian Atsu dari Chelsea. Pemain Ghana tersebut merupakan aktor penting keberhasilan mereka kembali promosi ke Premier League. Mereka juga merekrut gelandang Norwich City, Jacob Murphy dan membeli Javier Manquillo dari Atletico Madrid. Lini depan mereka semakin bertambah dengan kehadiran Joselu yang langsung mencetak gol ketika menghadapi West Ham United.

Southampton

Skuat asuhan Mauricio Pellegrino ini lebih fokus untuk memperkuat lini belakang dan tengah. Mario Lemina direkrut dari Juventus sementara Wesley Hoedt datang dari Lazio. Keuangan mereka sedikit terbantu dengan hengkangnya Jay Rodriguez ke WBA. Mereka juga berhasil mempertahankan beberapa pemain andalannya seperti Dusan Tadic, Ryan Bertrand dan Virgil van Dijk.

Stoke City

The Potters memperkuat lini pertahanan mereka dengan mempermanenkan Bruno Martins Indi serta mendatangkan Kevin Wimmer dari Tottenham di akhir bursa transfer. Skuat asuhan Mark Hughes juga meminjam Kurt Zouma dan mendatangkan Darren Fletcher dengan gratis. Meski kehilangan Marko Arnautovic, runner up Piala FA 2011 ini berhasil mendatangkan Joselu dan Eric Maxim Choupo Moting.

Swansea City

Swansea merekrut Roque Mesa dari Las Palmas dengan nilai 11 juta Euro. Mereka juga kedatangan Sam Clucas dari Hull City. Meski kehilangan Gylfi Sigurdsson dan Fernando Llorente, namun Paul Clement mampu menutupinya dengan mengembalikan si anak hilang, Wilfried Bony dan meminjam Tammy Abraham. Jangan lupakan juga bahwa mereka berhasil meminjam Renato Sanches dari Bayern Munich.

Tottenham Hotspur

Terkesan adem ayem, runner up Premier League musim lalu ini baru aktif ketika bursa transfer memasuki sepekan terakhir. Davinson Sanchez berhasil didatangkan dari Ajax Amsterdam. Meski kehilangan Kyle Walker, mereka berhasil menambalnya dengan mendatangkan Serge Aurier. Selain itu mereka juga mendapatkan Fernando Llorente untuk menjadikannya striker kedua setelah Harry Kane.

Watford

Klub yang akrab dengan warna kuning ini mempermanenkan status Tom Cleverley yang musim sebelumnya hanya menjadi pemain pinjaman. Selain itu mereka berhasil mendatangkan Nathaniel Chalobah dan Richarlison. Lini depan semakin bertambah kuat dengan kehadiran mantan bomber Burnley, Andre Gray.

West Bromwich Albion

Kedatangan investor asal China, membuat WBA cukup mudah untuk menggaet nama-nama besar. Mereka merekrut Jay Rodriguez dari Southampton. Meski mereka kehilangan Darren Fletcher, namun The Baggies berhasil merekrut pemain sarat pengalaman, Gareth Barry. Jangan lupakan perekrutan Ahmed Hegazy yang langsung nyetel dalam skema Toni Pulis. Pada hari terakhir bursa, mereka meresmikan perekrutan Kieran Gibbs dan Grzegorz Krychowiak.

West Ham United

Klub asal London ini menjual beberapa pemain yang sebenarnya menjadi tulang punggung mereka musim lalu macam Sofiane Feghouli, Darron Randolph, dan Havard Nortdveit. Akan tetapi mereka menutupinya dengan nama-nama pemain yang jauh lebih mentereng macam Pablo Zabaleta, Marko Arnautovic, dan Joe Hart. Mereka juga berhasil merekrut Javier Hernandez yang sejauh ini sudah membuat dua gol. Sayangnya rekrutan mereka masih belum mampu membawa West Ham keluar dari zona degradasi.

(Ajie Rahmansyah)

Loading...