OUR NETWORK

St. Etienne Putuskan Lepas William Saliba ke Arsenal

Arsenal seharusnya mengumumkan keberhasilan mereka merekrut bek tengah St. Etienne, William Saliba, pekan lalu. Namun, semuanya tertunda setelah rival sedaerah, Tottenham Hotspur, berusaha membajak pemain berusia 18 tahun tersebut.

Saat itu, Arsenal dan Saliba sudah mencapai kata sepakat. Saliba bahkan sudah setuju dengan kontrak lima tahun yang ditawarkan The Gunners. Spurs kemudian hadir dengan menawarkan biaya transfer yang sama dengan Arsenal, senilai 30 juta euro, tapi dengan tambahan klausul yang lebih menguntungkan.

Baik Arsenal dan Spurs memang sama-sama membutuhkan bek baru. Spurs bisa kehilangan Toby Alderweireld musim ini mengingat ketertarikan AS Roma pada bek berkebangsaan Belgia tersebut. Sementara itu, Arsenal bisa saja kehilangan Laurent Koscielny setelah menolak untuk ikut tur pramusim karena ingin pergi.

Meski Spurs ingin membajak Saliba, tapi Arsenal percaya diri kalau sang pemain akan memegang janjinya dan bergabung dengan The Gunners. Kamis malam kemarin, St. Etienne setuju kalau Arsenal akan menjadi pelabuhan selanjutnya buat Saliba. Kini, tinggal menunggu proses cek medis.

Dalam transfer yang ditawarkan Arsenal, St. Etienne akan mendapatkan 30 juta euro. Tambahan yang diberikan Arsenal adalah meminjamkan kembali si pemain ke St. Etienne hingga musim 2019/2020 selesai. Saliba akan menjadi rekrutan kedua Arsenal setelah kehadiran pemain Brasil, Gabriel Martinelli, dari Ituano.

Pelatih Arsenal, Unai Emery, menyatakan kalau dirinya berharap bisa merekrut tiga atau empat pemain di bursa transfer kali ini. “Kami tengah bekerja, klub ini tengah bekerja dengan kemungkinan mendatangkan sejumlah pemain baru untuk membantu kami,” ucap Emery dikutip dari BBC.

“Kami melakukan banyak rapat dengan klub, dengan [Direktur Teknik] Edu, dengan Raul [Sanllehi, Kepala Sepakbola] dan juga dengan Josh serta Stan Kroenke pada Senin lalu di Denver. Kami punya gagasan jelas untuk merekrut pemain untuk membantu kami dengan kualitas dan posisi mereka.”

“Kami tengah bicara soal kesabaran dan ketenangan karena kami amat ingin mendatangkan pemain yang bisa membantu kami dengan penampilan besar mereka, dan juga karena kami berpikir di tim ini kami punya pemain yang sangat baik, dan juga kami membutuhkan pemain terbaik di sejumlah posisi,” ungkap Emery.

Setelah Saliba, Arsenal dikabarkan tengah mengincar winger Crystal Palace, Wilfried Zaha, serta pemain Celtic, Kieran Tierney. Perekrutan pemain baru pun ditujukan untuk membawa The Gunners kembali ke Liga Champions.

“Sungguh, aku bisa bilang pada suporter kami kalau kami akan punya tim yang sangat bagus dengan para pemain yang ada sekarang, dan juga tiga atau empat pemain yang bisa membantu kami dalam beberapa hari ke depan.

“Kami menjadi sangat, sangat menuntut, saat bicara soal kemungkinan merekrut pemain besar, pemain yang sangat mahal, dan pemain pertama dalam daftar kami adalah target pertama kami. Dan setelah itu, jika kita tidak bisa mencapainya, lalu yang kedua. Namun, kami berpikir setiap kali mereka akan meningkatkan kualitas skuat kami.”

Loading...