OUR NETWORK

Tottenham Hotspur Cocok untuk Jasper Cillessen

Gagal mendapatkan tempat utama di Barcelona, Jasper Cillessen mulai berencana untuk hengkang dari Camp Nou. Cillessen dibeli dari Ajax Amsterdam pada musim panas 2016 sebagai pengganti Claudio Bravo yang hengkang ke Manchester City.

Akan tetapi, Bravo juga bukan penjaga gawang utama Barcelona. Ia kalah saing dengan Marc-Andre ter Stegen yang didatangkan bersamaan dari Borussia Monchengladbach pada 2014/2015. Cillessen juga akhirnya hanya menjadi pelapis ter Stegen di Camp Nou. Hanya tampil 28 kali dalam tiga musim sejak didaratkan dari Ajax.

“Saya ingin berlibur lebih dulu. Setelah itu baru mencari kesebelasan yang punya tempat utama bagi saya. Pasalnya saya ingin meninggalkan Camp Nou agar dapat jam terbang,” aku Cillessen meski kontraknya masih mengikat hingga 2021.

Cillessen tidak menyesali kepindahannya ke Barcelona. Menurutnya, jika Blaugrana datang, siapapun harus menerima mereka. “Frenkie De Jong akan bergabung dengan Barcelona di musim depan. [Matthijs] De Ligt? Mungkin. Tak ada yang tahu. Tapi saat Barcelona datang menginginkan jasa kita, tidak mungkin hal itu ditolak,” kata Cillessen.

Juventus, Bayern Munchen, Liverpool, Manchester City, dan Arsenal disebut berminat pada jasa Cillessen. Cillessen juga tak menutup kemungkinan untuk pergi Premier League. “Saya rasa Arsenal dan Liverpool bukanlah tempat yang buruk,” katanya.

Tidak Ada Garansi di Bawah Mistar

Foto: Standard

Namun, dari semua kesebelasan di atas, tidak ada yang bisa memberikan jaminan tempat utama baginya. Bayern masih memiliki Manuel Neuer. Selama ada Neuer sulit bagi penjaga lawan lain bersaing di Bayern.

“Saya rasa jika dia mau pindah, ia akan mengincar tempat sebagai pilihan utama. Itu akan sangat sulit dilakukan di Bayern. Neuer tidak tergantikan di sini,” akku pelapis Neuer, Sven Ulreich kala Die Roten dikaitkan dengan jasa penjaga gawang Schalke, Alexander Nubel.

Manchester City mengandalkan Ederson Moraes. Liverpool masih punya Alisson. Keduanya tampil cemerlang dan menjadi salah satu alasan mengapa kedua kesebelasan itu memiliki musim luar biasa selama 2018/2019.

Hanya Juventus dan Arsenal yang mungkin bisa beri Cillessen tempat utama. Namun mereka juga tidak terlalu memiliki urgensi untuk mencari penjaga gawang baru. The Gunners masih memiliki Bernd Leno yang siap menggantikan Petr Cech setelah mantan penjaga gawang Chelsea itu pensiun di akhir musim 2018/2019. Si Nyonya Tua punya Wojciech Szczesny hingga 2021 dan Mattia Perrin dengan kontrak sampai 2023.

Kebutuhan Tottenham

Foto: Mirror

Apabila Cillessen masih ingin pindah dan mengincar tempat utama di Premier League, satu kesebelasan yang paling cocok baginya adalah Tottenham Hotspur. The Lilywhites mungkin masih percaya bahwa Hugo Lloris layak mendapatkan tempat utama di Tottenham Hotspur Stadium. Namun, publik memiliki penilaian berbeda.

“Saya tahu Lloris memiliki penampilan yang cukup baik di beberapa pertandingan. Namun saya juga akan heran apabila Mauricio Pochettino -manajer Tottenham- tidak cari penjaga gawang baru. Mengharapkan Lloris sebagai pilihan utama jangka panjang. Mereka butuh sosok yang bisa diandalkan di bawah mistar agar dapat memenangkan piala,” kata mantan penyerang Chelsea Tony Cascarino.

Beberapa nama penjaga gawang disebut akan menjadi incaran Tottenham di bursa transfer musim panas 2019. Entah itu Marko Malencia yang membela Osijek di Kroasia. Talenta dari Albania, Thomas Strakosha. Timo Horn yang pernah menolak Liverpool. Punggawa Burnley, Nick Pope. Hingga talenta keturunan Indonesia, Emil Audero kabarnya masuk radar. Namun tidak ada yang lebih pas ketimbang Cillessen.

Koneksi Tottenham dan Ajax

Foto: Eurosport

Dalam 10 tahun terakhir, Tottenham sangat senang dengan talenta dari Ajax Amsterdam. Christian Eriksen, Jan Vertonghen, Davinson Sanchez, semua didaratkan dari Amsterdam. Membuat Ajax menjadi importir talenta non-Britania yang paling sering diandalkan kubu Lilywhites. Nama Toby Alderweireld juga merupakan mantan pemain Ajax meski dirinya tidak dibeli langsung dari Amsterdam.

Semua nama di atas menjadi tulang punggung Tottenham. Bahkan sejak pertama membeli Edgar Davids dari AC Milan, talenta jebolan De Toekomst sudah membuktikan diri mereka di Tottenham. Meskipun Davids gagal mengangkat derajat Tottenham, talenta jebolan Ajax punya peranan penting untuk transformasi the Lilywhites. Dimulai dari Rafael van der Vaart hingga Sanchez.

Dari 20 peserta Premier League, tidak ada tempat yang lebih baik dibanding Tottenham untuk talenta-talenta jebolan Ajax. Cillessen dapat mengikuti jejak senior dan teman-temannya jika ingin mendapatkan tempat utama. Apalagi kondisi Tottenham berbeda dengan Arsenal, Liverpool, ataupun Manchester City. Mereka juga butuh penjaga gawang utama baru untuk menggantikan Lloris.

Semuanya tergantung Barcelona, selaku pemilik jasa Cillessen. Meski berharap pindah dari Camp Nou, Cillessen juga tidak menutup peluang untuk bertahan di sana. “Apabila pihak Barcelona datang dan mengaku masih ingin mempertahankan jasa saya, tidak ada alasan untuk menolak mereka,” aku Cillessen. Bila Barcelona rela melepas Cillessen, Tottenham adalah pilihan terbaik baginya.

Loading...