OUR NETWORK

Ini yang Harus Ditiru Arsene Wenger dari Jose Mourinho

Mengenang masa lalu yang indah adalah hal yang tak bisa terelakkan dari diri tiap orang. Begitu juga dengan seorang pemain sepakbola yang kadang mengungkapkan kenangan masa jayanya di klub lampau yang sudah ia tinggali. Tampaknya ini yang sedang terjadi kepada kiper gaek milik Arsenal, Petr Cech.

Dilansir dari media daring lokal Inggris, Express, pemain asal Ceko tersebut bernostalgia akan masanya sewaktu di bawah asuhan The Special One, Jose Mourinho di Chelsea. Bahkan Cech tak segan mengatakan secara tidak langsung bahwa manajernya saat ini, Arsene Wenger, harus meniru satu karakter dari Mourinho, yaitu mentalitas juara.

Cech yang bermain untuk Chelsea lebih dari satu dekade tersebut menilai Mourinho mempunyai mentalitas untuk menang dengan cara apapun. Sesuatu yang menurutnya Arsene Wenger tidak punya untuk Arsenal saat ini.

Baik Cech maupun Mourinho, keduanya datang pada tahun yang sama yaitu tahun 2004. Dimana pada musim pertamanya tersebut, keduanya langsung berhasil merengkuh titel Premier League. Kemudian berlanjut dengan satu titel Premier League lagi, ditambah dua Piala Liga dan satu Piala FA.

Kemudian sempat berpisah dengan Mou, sebelum kembali lagi pada tahun 2013 dengan lagi-lagi titel juara yang dirasakan keduanya.  Satu lagi titel Premier League dan satu Piala Liga.

Cech yang meninggalkan Chelsea untuk Arsenal dua tahun lalu, percaya bahwa inspirasi setiap pemain Chelsea untuk sukses adalah karakter “gila” kemenangan yang ada pada diri Mourinho.  Memang benar tampaknya apa yang dikatakan oleh pemilik 124 caps untuk timnas Ceko tersebut, karakter Mou tersebut terlihat pada musim pertamanya di Manchester United, dengan mengantongi tiga piala yaitu Europa League, EFL Cup, dan Community Shield.

“Ketika Mourinho tiba ke Chelsea dari Porto, ada satu hal penting yang ia  bawa, bahwa ia datang dari sebuah klub yang  tak bisa terima jika hanya finis di peringkat kedua,” kata Cech yang telah mengoleksi 333 caps bersama Chelsea ini.

Menurut Cech, pernyataan Mou tersebut benar ia terapkan di Chelsea. Dimana manajer berusia 54 tahun tersebut dikatakan Cech hanya memikirkan kemenangan, kemenangan, dan kemenangan.

“Dia bawa semangat yang sama ketika di Chelsea, Mou hanya berpikir tentang kemenangan, berapapun harga yang harus dibayar. Dia sangat membenci hasil seri, jika kami (tim) kembali ke ruang ganti dengan hasil seri, kami sudah tahu bahwa dia tidak akan puas sama sekali,” kenang Cech.

Selain itu menurut pesepakbola berusia 35 tahun ini Mourinho jua menuntut tim untuk mencetak gol sebanyak mungkin. Inilah yang menurut Cech tidak dimiliki oleh Arsenal, khususnya Arsene Wenger, saat ini.

“Di sisi lain, Mourinho juga ingin kami untuk bisa mempertahankan hasil 1-0 atau mengalahkan lawan dengan skor 5-0 kalau bisa. Bagaimanapun caranya, Mourinho menginginkan hasil. Filosofi Arsenal sangat berlawanan dengan apa yang saya katakan ini (mengenai Chelsea).”

“Bukanlah untuk menang dengan cara apapun, tapi kami (Arsenal) ingin menang dengan cara bermain yang bagus. Ini akan mulai berubah dengan pendekatan kami,” tutup Cech.

Sumber : Express

Loading...