OUR NETWORK

Jadi Tim Paling Boros, Arsenal Bisa Mudah Kalahkan Crystal Palace?

Premier League musim 2022/2023 bergulir pekan ini dengan pertandingan pembuka yang mempertemukan dua tim asal London, Arsenal vs Crystal Palace, pada Sabtu (6/8) dini hari nanti.

Pekan perdana selalu menyajikan keseruan serta kejutan, seperti musim lalu bagaimana Arsenal dipermalukan oleh tim promosi, Brentford, dengan dua gol tanpa balas di Brentford Comunity Stadium.

Bermain di hadapan para pendukungnya, Crystal Palace tentu bukan lawan yang mudah untuk Arsenal, meski pada pertemuan terakhir Arsenal mampu mencuri poin penuh dengan kemenangan tiga gol tanpa balas di markas Crystal Palace, Selhurst Park Stadium.

Dari data Opta, delapan pertemuan terakhir kedua tim, masih didominasi oleh Crystal Palace. Kemenangan Arsenal terakhir menghadapi Crystal Palace menjadi satu-satunya catatan positif mereka dengan 5 kali imbang dan 2 laga dimenangkan oleh The Eagles.

Musim lalu tentu sudah berlalu, Arsenal tidak ingin kecolongan lagi di pekan pertama musim ini. Beberapa perubahan sudah dilakukan Arsenal dalam mempersiapkan tim yang mampu bersaing dengan tim papan atas lainnya. Kebijakan transfer pun menjadi kunci yang akan menjadi pembeda Arsenal musim ini.

Musim lalu mereka tidak dapat berbuat banyak di bursa transfer sehingga hanya mampu memaksimalkan pemain muda yang ada di dalam skuad. Alhasil, Arsenal saat ini masih menjadi tim Premier League yang paling boros dengan total pengeluaran mencapai 107 juta euro, sangat kontras dengan pergerakan transfer mereka di awal musim lalu yang cenderung pasif.

Kedalaman Squad Lebih Seimbang Namun Masih Belum Cukup

Kepergian Alexandre Lacazette musim panas ini menyisakan kekosongan pada lini depan The Gunners. Kebutuhan Arsenal akan striker yang mampu menuntaskan skema serangan mereka adalah prioritas utama. Dan situasi ini disadari oleh Mikel Arteta sehingga akhirnya mereka sukses memboyong Gabriel Jesus, salah satu punggawa lini serang andalan Manchester City di musim lalu. Bersama Eddie Nketiah, Gabriel Martinelli, dan Folarin Balogun, opsi penyerang Arsenal semakin bervariasi.

Sebelumnya, Arsenal terlebih dahulu menuntaskan tiga transfer pemain dengan posisi masing-masing yang berbeda. Rekrutan pertama adalah Marquinhos berposisi sebagai winger, Matt Turner sebagai kiper yang diplot akan menggantikan Bernd Leno yang besar kemungkinan hengkang untuk bergabung dengan Fullham, kemudian Fabio Vieira  yang berposisi gelandang menjadikan lini tengah Arsenal memiliki banyak opsi.

Berkaca pada pekan-pekan terakhir musim lalu di mana Arsenal mengalami krisis pemain cadangan yang memiliki level setara dengan pemain inti mereka, pada akhirnya harus dibayar mahal dengan kegagalan mereka menembus empat besar klasemen akhir. Semua lini kini diperhatikan oleh Arteta pada musim ini dengan mulai membangun kedalaman squad yang memiliki potensi jangka panjang.

Semakin Matangnya Pemain Muda

Rekrutan anyar diharapkan banyak membantu kekurangan Arsenal di musim lalu yang didominasi pemain-pemain muda. Meski begitu, pemain muda Arsenal seperti Bukayo Saka, Gabriel Magalhães, dan Gabriel Martinelli tampak lebih matang dari aspek permainan secara tim, tentu ini adalah buah dari kepercayaan Mikel Arteta kepada mereka di musim sebelumnya yang banyak memberikan menit bermain.

Kematangan pemain muda Arsenal semakin terlihat dari beberapa pertandingan pra-musim kemarin yang banyak berkontribusi pada skema permainan Arteta. Kombinasi pemain muda dan pemain yang lebih berpengalaman seperti Granit Xhaka di lini tengah, Ben White di garis pertahanan, serta Gabriel Jesus yang sudah tidak diragukan lagi mentalitas bermainnya tentu dapat memompa kualitas dari pemain-pemain muda Arsenal tersebut.

Melawan Crystal Palace menjadi ujian bagi Arteta setelah perombakan besar-besaran di dalam tim sekaligus membuktikan bahwa tim yang sudah dibesutnya selama dua tahun lebih itu memiliki progres. Di atas kertas, Arsenal sedang dalam tren yang positif menghadapi musim baru setelah menyapu bersih semua laga pra-musim. Namun tidak ada jaminan mereka bisa dengan mudah membawa pulang tiga poin dari tuan rumah, Crystal Palace.

Melihat bagaimana begitu aktifnya Arsenal di bursa transfer musim panas ini dan kekuatan baru lini serang mereka, sepertinya memang layak dinantikan bagaimana susunan pemain dan taktik permainan mereka dalam pertandingan pembuka pada Sabtu, 6 Agustus 2022 pukul 02:00 WIB.

Loading...