OUR NETWORK

19 Fakta Iker Casillas

Iker Casillas Fernandez adalah pesepakbola berkebangsaan Spanyol, yang saat ini berposisi sebagai penjaga gawang di Porto. Berikut kami sajikan fakta Iker Casillas.

  1. Iker Casillas lahir pada 20 Mei 1981 di Mostoles, Spanyol. Ayah Casillas merupakan seorang pegawai negeri sipil di Departemen Pendidikan dan ibunya merupakan seorang penata rambut. Casillas memiliki seorang adik yang juga pesepakbola.
  2. Casillas dan keluarganya pernah hampir mendapatkan 1 juta poundsterling jika Casillas tidak lupa memposting prediksi pertandingan sepakbola yang diberikan ayahnya pada akhir pekan. Ayah Casillas berhasil memprediksi 15 hasil pertandingan dangan benar.
  3. Casillas memulai kariernya di akademi Real Madrid pada musim 1990/1991. Casillas untuk pertama kalinya masuk dalam skuat senior yang disiapkan pelatih untuk pertandingan melawan Rosenborg pada lanjutan UEFA Champions League. Saat itu usia Casillas masih 16 tahun.

    Fakta Iker Casillas.
  4. Casillas menjadi penjaga gawang termuda yang bermain di UEFA Champions League ketika ia masuk skuat utama dalam pertandingan fase grup melawan Olympiakos pada 15 September 1999. Rekor ini berhasil dipecahkan oleh Mile Svilar pada Oktober 2017. Casillas juga menjadi penjaga gawang termuda yang bermain dan memenangkan pertandingan final Champions League ketika Madrid sukses mengalahkan Valencia dengan skor 3-0 pada Mei 2000. Empat hari sebelumnya ia baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-19.
  5. Casillas menerima penghargaan Zamora Trophy setelah hanya kebobolan 32 kali dari 36 pertandingan setelah Real Madrid memastikan gelar La Liga ke-31 pada akhir musim 2007/2008.
  6. Casillas menyamai rekor Paco Buyo setelah memainkan pertandingan ke-454-nya bersama Real Madrid pada Februari 2009. Satu pekan kemudian, ia berhasil melewati rekor tersebut dan menjadikannya penjaga gawang dengan penampilan terbanyak sepanjang masa Real Madrid. Saat itu usia Casillas baru 27 tahun.
  7. Casillas ditunjuk sebagai kapten utama setelah kepergian Raul dan Guti pada musim 2010/2011.
  8. Casillas mendapat penghargaan IFFHS Best Goalkeeper pada musim 2011/2012. Hal tersebut membuat dirinya menjadi kiper kedua yang memenangkan penghargaan tersebut sebanyak empat kali dan satu-satunya di dunia yang memenangkan penghargaan tersebut empat kali berturut-turut. Ia kembali memenangkan penghargaan IFFHS di musim berikutnya.

    Fakta Iker Casillas
  9. Casillas untuk pertama kalinya memenangkan gelar La Liga sebagai kapten tim setelah memenangkan pertandingan melawan Athletic Bilbao pada 2 Mei 2012.
  10. Casillas mencatatkan rekor baru dengan tidak kebobolan selama 962 menit pada musim 2013/2014. Ia juga menjadi kiper pertama yang bermain diseluruh pertandingan Copa del Rey sampai laga final tanpa kebobolan satu gol pun.
  11. Casillas resmi bergabung dengan Porto pada 11 Juli 2015. Kepergian Casillas menimbulkan banyak kritik kepada pihak Real Madrid. Orang tua Casillas mengklaim bahwa Casillas dipaksa untuk meninggalkan Real Madrid oleh Florentino Perez. Mantan rekan satu tim Casillas di timnas Spanyol, Xavi, yang terlebih dahulu meninggalkan Barcelona, mengatakan bahwa Real Madrid tidak tahu berterima kasih atas kinerja Casillas selama ini kepada klub.

    Fakta Iker Casillas.
  12. Casillas menyusul rekor Xavi sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di Champions League pada 29 September 2015. Di musim yang sama, ia juga memecahkan rekor Edwin van der Sar sebagai pemegang clean sheets terbanyak dalam sejarah Champions league dengan 51 clean sheets pada 20 Oktober 2015.
  13. Casillas mencatatkan rekor baru dengan melakukan clean sheets sebanyak 16 kali dalam satu musim pada 11 Maret 2017. Tiga hari kemudian, ia mengambil alih rekor Paolo Maldini sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di kompetisi Eropa.
  14. Casillas memainkan pertandingan ke-100-nya sebagai pemain profesional pada 2 April 2018. Namun di pertandingan spesial tersebut, Porto harus menalan kekalahan 0-2 dari Belenenses.
  15. Casillas memenangi trofi pertamanya di Porto setelah memenangi Primeira Liga untuk pertama kalinya sejak 2013 pada akhir musim 2017/2018.
  16. Casillas melakukan operasi jantung pada 1 Mei 2019 setelah ia merasakan sakit di bagian dada ketika mengikuti sesi latihan rutin bersama Porto dan segera dilarikan ke rumah sakit terdekat. Pihak rumah sakit mengkonfirmasi bahwa Casillas mengalami serangan jantung dan harus diistirahatkan sampai akhir musim. Dokter yang menangani Casillas memperingatkan bahwa Casillas kemungkinan besar tidak akan bisa kembali bermain di pertandingan profesional.
  17. Casillas memiliki hubungan asmara dengan seorang jurnalis olahraga, Sara Carbonero, sejak 2009. Pasangan ini dikaruniai dua orang anak, Martin dan Lucas.
  18. Sebuah jalan di Mostoles diberi nama Avenida de Iker Casillas sebagai penghargaan untuk Casillas yang pernah tinggal di kawasan tersebut.
  19. Casillas memiliki yayasan amal yang diberi nama Fundacion Iker Casillas.