OUR NETWORK

20 Fakta Ronaldo Luis Nazario de Lima

Luiz Nazario de Lima atau akrab disapa Ronaldo merupakan pesepakbola fenomenal. Ia mencetak dua gol kemenangan Brasil di final Piala Dunia 2002, yang membuat Brasil meraih gelar kelima mereka atau yang terbanyak di dunia. Untuk prestasi individual, Ronaldo berhasil meraih gelar Ballon d’Or sebanyak dua kali. Berikut kami sajikan 20 fakta Ronaldo Luis Nazario de Lima.

  1. Ronaldo lahir pada tanggal 18 September 1976.
  2. Ronaldo lahir di Rio de Janeriro, Brasl.
  3. Ronaldo memulai karir profesionalmya ketika ia bergabung bersama Cruzeiro ketika berusia 16 tahun. Sebelum bergabung dengan Cruzeiro, Ronaldo terlebih dahulu masuk ke akadem Flamengo, namun bakatnya terlihat oleh legenda Brasil, Jairzinho. Ia membawanya ke Cruzeiro. Bersama Cruzeiro, Ronaldo menorehkan 44 gol dalam 47 pertandingan.
  4. Ronaldo memutuskan untuk bergabung denan PSV Eindhoven setelah Piala Dunia 1994. Ronaldo secara pribadi diberi saran oleh Romario untuk memulai karir Eropanya di PSV. Di musim debutnya bersama PSV, Ronaldo mencetak 30 gol di semua kompetisi. Namun, di musim ke duanya ia mengalami cedera lutut. Meski begitu, ia mencetak 12 gol dalam 13 pertandingan di semua kompetisi.
  5. Internazionale, AC Milan, dan FC Barcelona, tertarik untuk mendapatkan jasa Ronaldo sebagai mesin pencetak gol. Ronaldo memutuskan untuk bergabung dengan Barcelona dengan memecahkan rekor transfer. Nilai transfer tersebut berada di 19.5 juta dollar.
  6. Satu musim bersama Barcelona, Ronaldo mencetak 47 gol dalam 49 pertandingan di semua kompetisi, dengan perayaan gol khasnya yang meniru patung Christ the Redeemer di Rio de Janeiro. Ronaldo membawa the Catalan menjuarai UEFA Cup Winners’ Cup dengan mencetak gol penentu di final Copa del Rey dan Supercopa de Espana. Ia juga menjadi top scorer La Liga pada tahun 1997 dengan 34 gol dalam 37 pertandingan. Sampai musim 2008/2009, Ronaldo menjadi pemain terakhir yang mencetak lebih dari 30 gol di La Liga.

    Fakta Ronaldo
  7. Ronaldo menjadi menjadi FIFA World Player of the Year 1996 di usianya yang baru menginjak 20 tahun. Hal tersebut membuat Ronaldo menjadi pemain termuda yang mendapatkan penghargaan tersebut.
  8. Internazionale resmi membawa Ronaldo ke kota Milan. Inter Milan mendapatkan tanda tangan kontrak Ronaldo di musim panas 1997 dengan nilai transfer 27 juta dollar. Ronaldo menjadi pemain kedua yang memecahkan rekor transfer sebanyak 2 kali.
  9. Ronaldo beradaptasi dengan gaya italia di musim pertamanya.
  10. Ronaldo kembali mendapat gelar FIFA World Player of the Year dan Ballon d’Or di tahun 1997.
  11. ¬†Paolo Maldini menilai Ronaldo dan Diego Maradona merupakan dua pemain terbaik yang pernah ia hadapi. Ia menambahkan, “Ronaldo during his first two year at Inter was a phenomenon.”
  12. Ronaldo mengalami cedera lutut pada November 1999. Cedera tersebut membuatnya harus dioperasi. Laga comeback pertamanya terjadi pada 12 April 2000. Namun, ia hanya mampu bermain 7 menit sebelum cederanya kembali kambuh. Ronaldo terpaksa melewatkan musim 2000/2001. Ronaldo kembali bermain di Piala Dunia 2002 dan membantu timnas Brasil meraih gelar ke lima Piala Dunia setelah 2 kali operasi dan rehabilitasi selama 1 bulan.

    Ronaldo dengan gaya rambut khasnya di Piala Dunia 2002 – Fakta Ronaldo
  13. Ronaldo kembali mendapatkan gelar FIFA World Player of the Year untuk ketiga kalinya dan Ballon d’Or untuk kedua kalinya di tahun 2002.
  14. Real Madrid resmi membawa Ronaldo ke Madrid dengan nilai transfer 46 juta Euro. Ronaldo menjadi bagian dalam era Galacticos bersama Zinedine Zidane, Luis Figo, Roberto Carlos, Raul dan David Beckham.
  15. Di awal musim pertamanya berseragam Real Madrid, Ronaldo berada di bench sampai Oktober 2002, namun suporter terus menyebut namanya.
  16. Ronaldo mencetak dua gol di debutnya bersama Real Madrid. Ia mendapatkan standing ovation di Santiago Bernabeu.
  17. Ronaldo melewatkan banyak pertandingan karena cidera dan berat badan di musim terakhirnya bersama Real Madrid. Pada April 2013, Ronaldo masuk dalam “Best foreign eleven in Real Madrid’s History”.
  18. Ronaldo bergabung dengan AC Milan di tahun 2007. Bersama AC Milan ia hanya bertahan 1 tahun meski kontrak menuliskan bahwa Ronaldo akan bertahan sampai 2009. Cedera yang Ronaldo derita membuat AC Milan melepas Ronaldo di akhir musim 2007/2008.

    Fakta Ronaldo
  19. Ronaldo bergabung dengan Corinthians pada akhir tahun 2008. Ronaldo melakukan debutnya bersama Corinthians pada 4 Maret 2009.
  20. Ronaldo mengumumkan dirinya akan gantung sepatu setelah Corinthians gugur dari Copa Libertadores 2011. Ronaldo mengakui tubuhnya sudah tidak mampu lagi bermain di kelas profesional. Ia menambahkan, “It’s very hard to leave something that made me so happy. Mentally i wanted to continue but i have to acknowledge that i lost to my body. The head wants to go on but the body can’t take any more. I think of an action but i cant do it the way i want to. It’s time to go“.
Loading...