OUR NETWORK

10 Pesepakbola dengan Koleksi Trofi Terbanyak (2)

Baca bagian pertama tentang 10 Pesepakbola dengan Koleksi Trofi Terbanyak (1) di sini.

  1. Lionel Messi

Satu lagi pemain Barcelona dalam deretan pesepakbola dengan koleksi terbanyak. Lionel Messi wajar masuk dalam daftar ini, karena dia sudah memenangkan trofi pertama dalam usia 18 tahun saat menjuarai La Liga Spanyol 2004/2005. Itu pula musim debutnya bersama klub berjuluk Lau Blaugrana, setelah striker berkebangsaan Argentina itu tiga tahun menempa bakat di tim akademi.

Sejak itu, Messi terus menambah koleksinya hingga 34 trofi, termasuk treble winners 2008/2009 dan tiga trofi Liga Champions lainnya. Satu trofi juga pernah diraih Messi di level internasional, tapi bersama tim nasional Argentina junior saat menjuarai Piala Dunia U-20 2005. Selain itu, dia pun juga pernah memenangkan medali emas Olimpiade Beijing 2008, tapi tentu saja tak ada trofinya.

  1. Kenny Dalglish

Namanya dikenang sebagai legenda Liverpool. Tetapi, Kenny Dalglish yang berasal dari Skotlandia, mengawali karier bersama klub masa kecilnya, Glasgow Celtic; kini bernama Celtic FC. Dia memulai debut pada 1969 hingga memenangkan sembilan trofi, sebelum hijrah ke Inggris pada 1977. Lalu, bersama Liverpool-lah karier terbaik sang striker berlangsung, dengan 25 trofi  selama 13 musim.

Dalglish berada dalam salah satu periode emas klub berjuluk The Reds itu. Bukan hanya merajai Inggris dengan delapan trofi liga domestik, mereka juga disegani di benua Eropa dengan tiga trofi Liga Champions. Total 34 trofi yang dikoleksinya selama berkarier sebagai pesepakbola. Selain itu, ada juga 13 trofi yang dimenangkan Dalglish sebagai pelatih, termasuk juga bersama Liverpool.

  1. Wael Gomaa

Satu lagi eks bintang sepakbola Afrika dan Mesir yang berada dalam deretan pesepakbola dengan koleksi trofi terbanyak. Dia adalah Wael Gomaa, bek andalan tim nasional Mesir era 2000-an. Dia pun berhasil mengumpulkan 34 trofi sepanjang karier profesionalnya pada periode 1993-2008 di level klub dan periode 2001-2013 di level internasional. Semua diraihnya hanya bersama dua tim.

Meski memulai karier di klub Mesir, Ghazi El-Mahalla, namun Gomaa baru merasakan mengangkat trofi ketika membela Al Ahly, juga di Mesir sejak 2001. Ada 31 trofi yang diraihnya, termasuk Liga Champions Afrika. Sisanya berupa trofi Piala Afrika bersama tim nasional Mesir. Sebenarnya ada tiga trofi lain yang pernah dimenangkannya di level internasional, namun bukan kompetisi resmi.

  1. Ryan Giggs

Siapa yang tak mengenal Ryan Giggs? Dia merupakan legenda Manchester United dengan status sebagai salah satu one-club man di dunia. Dibesarkan dari akademi, pemain berkebangsaan Wales itu memulai karier profesional pada 1990 dan bertahan selama 24 tahun. Selama itu pula, sang winger berhasil mempersembahkan sebanyak 34 trofi untuk tim berjuluk The Red Devils tersebut.

Pencapaian terbaik Giggs tentu saja ketika meraih treble winners pada musim 1999/2000 dengan memenangkan trofi Liga Champions, Premier League Inggris dan Piala FA sekaligus. Kemudian, dia sempat kembali mengangkat trofi ‘Si Kuping Lebar’ pada musim 2007/2008. Sayangnya, Giggs tak punya prestasi internasional. Kini, dia berkarier sebagai pelatih tim nasional negaranya, Wales.

  1. Oleksandr Shovkovskiy

Pemain ini cukup menarik, karena berposisi sebagai kiper, satu-satunya dalam daftar 10 pemain dengan koleksi trofi terbanyak ini. Oleksandr Shovkovskiy, legenda dari Ukraina dan Dynamo Kyiv, juga memiliki koleksi 34 trofi. Sebenarnya, dia pun bisa dibilang sebagai one-club man, namun sempat pernah dipinjamkan ke klub Ukraina lainnya, CSK ZSU Kyiv di awal kariernya pada 1993.

Trofi yang dimenangkan Shovkovskiy pun hanya dalam kompetisi domestik saja, dan tak pernah pula mengangkat trofi di level tim nasional. Namun, dia mampu membawa Dynamo menjuarai Liga Ukraina dalam delapan musim beruntun, dari 14 trofi yang diraihnya. Sebenarnya, koleksi trofinya bisa lebih banyak, jika dua trofi jura Valeriy Lobanovsky Memorial Tournament juga ikut dihitung.

***

Selain 10 pemain ini, juga ada dua bintang sepakbola lainnya yang telah mengoleksi 33 trofi dalam kariernya. Menariknya, lagi-lagi keduanya pernah bermain untuk Barcelona. Pertama adalah kiper asal Portugal, Vitor Baia. Dia memenangkan enam trofi bersama klub berjuluk El Barca itu selama dua musim pada 1996-1998, meski tak sempat menjuarai Liga Champions. Sisanya diraih bersama klub Portugal, Porto. Kedua, Zlatan Ibrahimovic yang membela Barcelona era 2009-2011 dengan lima trofi. Menariknya, dia pernah meraih empat trofi liga domestik terbesar di Eropa; Belanda, Spanyol, Italia dan Prancis. Kini, pemain asal Swedia itu masih berkarier di liga Amerika Serikat.

Loading...