OUR NETWORK

Profil Lengkap 12 Stadion Piala Dunia 2018 (2)

Pada bagian pertama, kami menjabarkan empat stadion yang akan digunakan di Piala Dunia 2018; mulai dari Kazan Arena, Ekaterinburg Arena, Fisht Stadium, dan Kaliningrad Stadium. Pada bagian kedua ini, Ligalaga akan menyajikan delapan stadion lainnya.

  1. Spartak Stadium (Kapasitas: 45.360)

Spartak Stadium atau Otkrytiye Stadium – Profil Lengkap 12 Stadion Piala Dunia 2018

Kandang dari salah satu klub terbesar Rusia, Spartak Moscow, ini selesai dibangun pada 2014 lalu dengan banyak insiden. Salah satunya kerusakan tanah yang cukup parah dan memengaruhi bangunan di sekitar stadion pada 2007.

Stadion ini sebelum Piala Dunia memang sering digunakan timnas Rusia. Ini tak lain karena fasilitas serta akses serta fasilitas Spartak Stadium amat memenuhi standar untuk menggelar pertandingan internasional. Maka, tak ada perbaikan besar yang perlu dilakukan untuk menyambut Piala Dunia.

Royal Box Spartak Stadium – Profil Lengkap 12 Stadion Piala Dunia 2018

Patung gladiator dari Thracian, Spartacus, berdiri megah di stadion dan menjadi daya tarik Spartak Stadium. Stadion ini juga dikenal cukup intimidatif terhadap siapapun yang bermain. Desain stadion sangat dekat antara jarak penonton dan pemain sangat efektif untuk menghadirkan tekanan.

Stadion ini akan menggelar empat pertandingan babak grup (Grup D, Grup E, Grup G, Grup H), dan babak 16 besar.

  1. Luzhniki Stadium (Kapasitas : 80.000)

Profil Lengkap 12 Stadion Piala Dunia 2018

Stadion kebanggaan Rusia ini merupakan salah satu jejak peninggalan Komunis Uni Soviet. Sebanyak tiga ribu lebih pertandingan telah digelar di sini, termasuk sejumlah pertandingan bersejarah seperti terpelesetnya John Terry yang membuat Manchester United meraih gelar juara Liga Champions 2008.

Universitas Moscow – Profil Lengkap 12 Stadion Piala Dunia 2018

Karena memiliki fasilitas yang baik, tidak banyak renovasi di Stadion Luzhniki untuk menyambut Piala Dunia. Stadion ini dikelilingi dengan banyak bangunan bersejarah, di antaranya Universitas Moscow yang bisa dijangkau dengan jalan kaki.

Stadion ini merupakan kandang utama timnas Rusia. Stadion ini akan menjadi tempat untuk Final, Semifinal, babak 16 besar, dan 4 pertandingan fase grup (Grup A, Grup B, Grup C, Grup F).

  1. Nizhny Novgorod Stadium (Kapasitas: 44.899)

Profil Lengkap 12 Stadion Piala Dunia 2018

Stadion ini diapit dua sungai besar yaitu Sungai Volga dan Sungai Oka, yang juga menghambat pembangunan stadion itu sendiri. Stadion ini memiliki keindahan tersendiri pada bagian atap. Dengan atap semi transparan berwarna biru dan putih, yang terkesan elegan, pemandangan sungai yang juga cukup indah juga menjadi daya tarik untuk berkunjung ke stadion yang diharapkan rampung sebelum Natal tahun lalu.

Kejadian lain yang sempat menghambat pembangunan stadion adalah kebakaran yang terjadi pada Oktober lalu. Dampak dari kebakaran ini bahkan membuat pembangunan sempat terhenti beberapa hari. Untungnya tidak ada kerusakan parah yang diakibatkan dari kebakaran tersebut.

Rencanyanya, Nizhny Novgorod Stadium akan digunakan sebagai kandang dari Olimpiyets Nizhny Novgorod (dulu FC Volga), yang berkompetisi di tingkat kedua Liga Rusia. Dengan rataan penonton hanya 900 orang, pemerintah setempat juga akan menyewakan untuk acara musik maupun olahraga lainnya. Sebanyak empat pertandingan Fase Grup (Grup D, Grup E, Grup F, dan Grup G), babak 16 besar dan perempat final akan dilangsungkan di stadion ini.

  1. Rostov Arena (Kapasitas: 45.145)

Profil Lengkap 12 Stadion Piala Dunia 2018
Loading...