OUR NETWORK

Dibanding Leroy Sane, Timo Werner Harus Jadi Prioritas Bayern

Bayern Munchen tidak lagi tergila-gila dengan Callum Hudson-Odoi. Pemain muda Chelsea itu sempat disebut menjadi pemain impian Direktur Olahraga Bayern Hasan Salihamidzic untuk menggantikan Arjen Robben dan Franck Ribery.

Pada masanya, hampir setiap pekan ada perkembangan baru terkait relasi Hudson-Odoi dengan Bayern. CEO Bayern Karl-Heinz Rummenigge bahkan mengatakan Salihamidzic jatuh cinta pada Hudson-Odoi.

“Hasan sebagai direktur olahraga kami seperti jatuh cinta dengan kemampuan Hudson-Odoi,” kata Rummenigge. Untungnya, setelah mantan gelandang Bosnia itu menyebut pernyataan atasannya sebagai sesuatu yang berlebihan, Hudson-Odoi ke Bayern mulai mereda.

Robben dan Ribery tetap pergi dari Allianz Arena. Namun kini calon utama pengganti mereka bukan lagi pemain muda keturunan Ghana, tapi anggota tim nasional Jerman, Leroy Sane.

Jebolan akademi Schalke itu masih memiliki kontrak hingga 2021 bersama Manchester City. Beda dengan Hudson-Odoi yang berkali-kali diminta untuk menetap di Stamford Bridge, Manchester City kabarnya tidak keberatan melepas Sane.

Tidak harus ke Bayern. Menurut Calciomercato, Juventus juga siap memberikan tempat untuk Sane. Sementara tawaran 88 juta pauns yang kabarnya sempat dikirim Die Roten ditolak oleh the Citizens.

Tidak Sabar Menunggu Sane

Foto: Manchester Evening News

Meski demikian, para pemain Bayern Munchen sepertinya sudah tidak sabar menunggu Sane mendarat di Allianz Arena. “Para pemain-pemain Bayern yang berkebangsaan Jerman sangat mengharapkan Sane datang,” buka Robert Lewandowski.

Hal ini dibenarkan Leon Goretzka dan Joshua Kimmich yang disebut menghasut Sane di tengah kampanye bersama Der Panzer. “Sane tahu Munchen adalah kota indah. Saya tak mau memberikannya tekanan. Tapi jelas saya akan sangat senang jika ia datang,” kata Goretzka. “Apabila Bayern bisa mendatangkan Sane, itu adalah pernyataan kuat dari pihak klub,” tambah Joshua Kimmich.

Bayern memang sedang gencar-gencarnya mengincar pemain berstatus tim nasional. Die Roten bahkan rela melepas Mats Hummels, Jerome Boateng, dan Thomas Muller yang tak lagi dipanggil oleh Joachim Low.

Akan tetapi, Sane bukan satu-satunya pemain berseragam Der Panzer yang diincar oleh Bayern. Mereka juga menjadikan penyerang RB Leipzig, Timo Werner, sebagai salah satu prioritas di bursa transfer musim panas 2019.

Ditunggu Oleh Werner

Foto: T-Online

Meski tampil mengecewakan di Piala Dunia 2018, Werner tetap masuk dalam rancangan Low di UEFA Nations League dan Kualifikasi Piala Eropa 2020. Statusnya memang bukan pemain utama seperti Sane. Tapi itu bukan karena kesalahan Werner. Melainkan sistem Low yang tidak menggunakan ‘nomor sembilan’.

Jika melihat raihannya bersama RB Leipzig, Werner selalu konsisten. Terlibat dalam 20 gol atau lebih setiap musimnya. Pada 2018/2019, ia terlibat dalam 29 gol dari 37 penampilan. Mencetak 19 di antaranya dengan nama dia sendiri.

Memang, Werner bukanlah pemain yang dibutuhkan Bayern saat ini. Entah itu Hudson-Odoi atau Sane, mereka diproyeksi untuk mengisi pos Robben dan Ribery. Sementara Werner adalah penyerang, seperti Lewandowski.

Memang juga Kepala Pengembangan Sepakbola Red Bull Ralf Rangnick ragu Werner akan bergabung dengan Bayern di musim panas 2019. Tapi beda dengan Sane yang kabarnya siap menolak Die Roten, Werner tidak sabar untuk mendarat di Allianz Arena.

“Ketika Anda bermain di Jerman, membela RB Leipzig, hanya ada satu kesebelasan yang dituju saat pindah,” ungkap Werner. Hingga 23 Juni 2019, Werner masih menolak tawaran kontrak dari RB Leipzig. Ia hanya memiliki kontrak hingga 2020 dan pihak klub tidak ingin melepasnya secara cuma-cuma.

Werner Lebih Baik dari Sane

Foto: China Daily

Sayangnya karena Bayern terlihat terlalu fokus kepada Sane, hingga saat ini belum ada tawaran resmi yang masuk untuk jasa Werner. Padahal semuanya sudah ada di tempat yang tepat. RB Leipzig siap menjual, Werner ingin pindah, dan Bayern punya dana untuk mendatangkannya.

Harga Werner disebut ada di kisaran 67 juta Euro. Lebih murah dibandingkan Sane yang mencapai 98 juta Euro. Masalah posisi, Werner memang tidak begitu efektif bermain di sayap. Namun ia juga tidak asing dengan pos tersebut. Mengingat dirinya kerap menjadi sayap kiri ataupun kanan di tim nasional Jerman.

Bayern harus mulai menjadikan Werner sebagai prioritas mereka. Selagi bisa. Selagi ada dana. Pos Robben dan Ribery juga sebenarnya bisa diisi oleh Kingsley Coman dan Serge Gnabry jika mereka sehat. Saat cedera ada Alphonso Davies sebagai pengganti jika tidak ingin menggeser Werner ke samping.

Kunci dalam pergerakan transfer Bayern Munchen di musim panas 2019 adalah regenerasi. Melakukan penyegaran dengan mengincar Sane ataupun Hudson-Odoi sebagai pengganti Robben dan Ribery adalah hal yang masuk akal. Namun mereka juga bisa mulai berpikir untuk mengganti Lewandowski yang sudah kepala tiga.

Mendatangkan Werner yang bisa bermain di berbagai posisi dan memberikan variasi di lini serang akan jadi keuntungan besar bagi Bayern. Terlalu lama mengabaikan kesempatan ini untuk pemain yang masih ingin bertahan di klubnya [Sane] sama saja buang-buang waktu.