OUR NETWORK

Usain Bolt Menyerah Menjadi Pesepakbola?

Ada beberapa pesepakbola bintang dunia yang memutuskan beralih profesi ke cabang olahraga lain setelah memutuskan pensiun dari lapangan hijau. Seperti legenda Manchester United Eric Cantona yang sempat menekuni sepakbola pantai hingga melatih tim negaranya, Prancis, sampai menjuarai Piala Dunia Sepakbola Pantai 2005; meski olahraga ini masih ‘berbau’ bola. Kemudian, ada pula eks kiper Valencia dan tim nasional Spanyol Santiago Canizares serta mantan penjaga gawang United dan tim nasional Prancis Fabian Barthez yang jadi pereli. Selain itu, masih banyak pemain lainnya.

Namun, tak banyak cerita tentang bintang cabang olahraga lain yang kemudian memutuskan beralih menjadi pesepakbola; bahkan mungkin tidak ada. Usain Bolt, mantan pelari dunia yang mengoleksi delapan medali emas Olimpiade dan sejumlah rekor dunia bisa menjadi atlet pertama yang memilih melanjutkan karier di lapangan hijau. Pria berkebangsaan Jamaika itu sendiri memang telah pensiun dari track lari usai Kejuaraan Dunia Atletik 2017 di London, Inggris, menjelang ulang tahunnya yang ke-31 pada Agustus 2017 lalu. Selanjutnya, dia akan fokus mengajar karier baru di dunia sepakbola.

Sebagai bentuk keseriusannya, akhir Februari 2018 lalu, Bolt mengumumkan bahwa dia akan segera bergabung dengan salah satu klub sepakbola. Pria kelahiran 21 Agustus 1986 itu mengklaim dirinya sudah menandatangani kontrak dengan sebuah klub sepakbola, dan akan mengumumkan klub yang dimaksud pada Selasa, 27 Februari 2018.

“Saya sudah menandatangani kontrak dengan sebuah klub sepakbola. Temukan klub tersebut pada Selasa ini, pukul 8 pagi waktu GMT,” tulis Bolt melalui akun Twitter pribadinya @usainbolt pada Minggu, 25 Februari 2018, dengan mengunggah sebuah video.

Sejumlah pihak pun banyak yang bertanya, klub manakah yang akan diperkuat oleh pemegang rekor dunia lari 100 meter dan 200 meter putra ini. Ada dua tim yang diduga akan jadi pelabuhan pertama Bolt. Pertama adalah klub besar Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund. Pada Maret 2018 lalu, dia memang sempat mendapatkan kesempatan melakoni trial di klub berjuluk Die Borussen tersebut.

“Pada Maret nanti, saya akan menjalani trial bersama Dortmund dan itu akan menentukan karier saya selanjutnya,” ucap Bolt beberapa bulan sebelumnya, seperti dilansir oleh laman Daily Express.

Selain Dortmund, tim asal Afrika Selatan bernama Mamelodi Sundowns dikabarkan sempat dekat pula dengan Bolt. Pada Januari 2018, dia pun sempat berada di markas klub tersebut berlatih. Rumor tersebut semakin menguat setelah klub yang bermarkas di kota Pretoria itu mengunggah foto Bolt sedang berlatih pada 26 Februari 2018, lewat akun Twitter resmi @Masandawana dengan cuitan, “Sepakbola tidak akan pernah lagi sama. Temukan besok pukul 8 pagi waktu GMT.”

Namun, pada hari dimaksud Bolt malah mengumumkan soal penampilannya di laga amal UNICEF, Soccer Aid 2018. Bolt akhirnya tampil dalam laga yang digelar di markas Manchester United, Old Trafford pada 10 Juni 2018 itu, sebagai kapten tim ‘Rest of the World’ menghadapi tim penyanyi Robbie Williams. Dia pun mengenakan jersey warna hitam bernomor punggung 9.58 sesuai rekor dunia miliknya dalam lomba lari jarak 100 meter dengan waktu hanya 9,58 detik. Kemudian, Agustus 2018 Bolt kembali menjalani trial, kali ini bersama klub A-League Australia, Central Coast Mariners. Dia sendiri sempat bersinar dengan mengemas dua gol dalam kemenangan laga uji coba kontra Macarthur South West United.

Berkat penampilan ciamiknya itu, Bolt sempat diyakini akan menerima kontrak profesional pertama. Namun, keberadaannya di Australia hanya bertahan sampai bulan November 2018, dan harus pergi karena tak menemui kata sepakat soal tawaran kontrak dari Mariners.

Selain itu, dia juga pernah mendapat tawaran bergabung dengan klub Malta, Valletta, namun melewatkan kesempatan itu. Bolt sendiri memang dikenal sangat menggemari sepakbola, dan merupakan fan United. Bermodalkan kecepatan lari, dia mengumumkan niat seriusnya untuk terjun ke lapangan hijau pada Oktober 2017.

“Saya sangat ingin main sepakbola, kini saya telah pensiun [sebagai pelari]. Saya membicarakan itu dalam beberapa wawancara dan banyak klub yang tertarik,” kata Bolt dengan penuh percaya diri dilansir FIFA.com ketika itu.

Dia sendiri berharap bisa membela klub favoritnya, The Red Devils. Tapi, kini Bolt dikabarkan enggan meneruskan mimpinya itu, dan sudah tak lagi mengejar karier sebagai pesepakbola profesional. “Usain tak lagi mengejar karier profesional sebagai pesepakbola,” ungkap Ricky Simms selaku agen Bolt pada Omnisport belum lama ini. Lalu, bagaimana kabar Bolt sekarang?

Loading...